Komisioner KPU Pengganti Wahyu Setiawan Janji Akan Jaga Jarak dengan Parpol

Komisioner KPU Pengganti Wahyu Setiawan Janji Akan Jaga Jarak dengan Parpol

Aspitaif News -, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru pengganti Wahyu Setiawan, I Dewa Kadek Wiarsa Rakasandi berjanji akan berusaha keras untuk menjaga batas kedekatan dengan Partai Politik (Parpol). 

“Di dalam ketentuan mengenai hal kode etik baik yang dikeluarkan DKPP, Badan Pengawas Pemilu, KPU, pada prinsipnya ialah bagaimana kita berlaku adil dan setara kepada para peserta,” kata Dewa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/2/2020).

Ia mengklaim telah lama bertugas di daerah selaku tim pemeriksa kode etik. Maka dari itu ia mengklaim paham betul bahwa Pelaksanaan Pemilihan Umum yang berintegritas itu di samping aspek hukumnya juga ada aspek etiknya.

“Sebetulnya saya juga selama bertugas di daerah, cukup lama selaku tim pemeriksa daerah, kepada kode etik. Nah pada prinsipnya, Pelaksanaan Pemilihan Umum yang berintegritas itu di samping aspek hukumnya, juga ada aspek etiknya,” ucapnya.

Kecuali itu, ia juga menyebut peraturan tersebut juga telah ada di dalam Undang-Undang maupun peraturan KPU mengenai hal kode etik. Maka dari itu, ia menjelaskan agar hal itu jadi tekad bulat secara terintegrasi mulai dari pusat sampai daerah.

“Saya menyatir pandangan Prof. Jimly saat beliau masih jadi ketua DKPP jika kita dekat tentu dekat dengan semuanya, tapi jika kita menjaga jarak ialah menjaga jarak dengan semuanya, tapi pada prinsipnya, interaksi itu akan senantiasa terjadi tetapi di dalam tata kerja KPU Badan Pengawas Pemilu seluruh telah diatur,” ungkapnya.

“Kapan seseorang boleh berjumpa, kapan tidak dalam ranah mana komunikasi dan koordinasi itu dikerjakan, karena tanpa itu tentu akan sulit sebab Pelaksanaan Pemilihan Umum ini disamping aspek-aspek strategis banyak aspek-aspek teknis yang memerlukan koordinasi,” imbuhnya.[]

baca juga:


Komisioner KPU Pengganti Wahyu Setiawan Janji Akan Jaga Jarak dengan Parpol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *