Kontrol Protokol Pariwisata Mesti Ketat – Aspiratif News

Views: 15
Read Time:2 Minute, 30 Second

Kontrol Protokol Pariwisata Mesti Ketat – Aspiratif News

PEMERINTAH mengumumkan protokol kesehatan di bagian pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Protokol yang diatur keputusan menteri kesehatan (KMK) itu diinginkan dapat menyokong planning pembukaan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif secara berangsur sehingga dapat menggerakkan kembali usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, bagian yang paling terdampak oleh pandemi covid-19.

“Protokol kesehatan di bagian pariwisata dan ekonomi kreatif disusun berlandaskan atas 3 isu Utama, yaitu kebersihan, kesehatan, dan keamanan,” kata Deputi Bidang Keputusan taktik Strategis Kemenparekraf/Baparekraf R Kurleni Ukar dalam kete­rangannya, kemarin.

Protokol yang diatur KMK Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 soal Protokol Kesehatan bagi Penduduk di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), mengatur protokol untuk hotel/Tempat bermalam/homestay/ asrama dan sejenisnya, rumah makan/restoran dan sejenisnya, tempat pesona wisata, moda transportasi, jasa ekonomi kreatif, jasa penyelenggara event/perjumpaan, serta tempat dan Fasilitas umum lainnya yang terkait erat dengan bagian pariwisata dan ekonomi kreatif.

READ  Perkara E-KTP, KPK Fokus Pengembalian Kebangkrutan dan Pidana Korporasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusu­bandio mengapresiasi pengesahan protokol kesehatan tersebut. Pihaknya juga telah mempersiapkan panduan teknis, baik dalam bentuk video maupun handbook yang mengacu ke standar global.

“Ini amat penting karena pariwisata ialah bisnis yang amat Mengandalkan pada kepercayaan wisatawan baik domestik maupun internasional,” ujarnya.

Di Kesempatan terpisah, peneliti bidang ekonomi The Indonesian Institute Rifki Fadilah menyampaikan protokol itu mesti dijalankan dan pelaksanaannya diawasi dengan ketat.

“Siapkan aturan yang detail dan kontrol yang ketat di waktu era kenormalan baru,” tegasnya. (Hld/Ant/E-2)


Kontrol Protokol Pariwisata Mesti Ketat – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *