Kota Ma’rib di Yaman Nyaris Jatuh ke Tangan Serdadu Ansarullah, Efek Domino akan Terjadi – Aspiratif News

Kota Ma’rib di Yaman Nyaris Jatuh ke Tangan Tentara Ansarullah, Efek Domino akan Terjadi - Warta Batavia
Views: 1045
Read Time:2 Minute, 9 Second

Kota Ma’rib di Yaman Nyaris Jatuh ke Tangan Serdadu Ansarullah, Efek Domino akan Terjadi – Aspiratif News

Sanaa, Aspiratif News – Kota Ma’rib yang jadi titik penghubung semua provinsi di Yaman dan benteng bagi Sanaa, ibu kota negara ini, sudah nyaris jatuh ke tangan prajurit Yaman dan para pejuang Lijan Shaabiyah yang berafiliasi dengan Gerakan Ansarullah (Houthi).

Kepala Badan Intelijen Angkatan bersenjata Yaman Brigjen Abdullah al-Hakim, Ahad (12/07/2020), merilis bahwa prajurit Yaman dan para pejuang Lijan Shaabiyah sudah mencapai wilayah kisaran kota Ma’rib, ibu kota Provinsi Ma’rib, dan tidak lama lagi akan memasukinya.

Dia Memperingatkan gabungan agresor pimpinan Arab Saudi untuk tidak mencoba menyerbu Fasilitas minyak Ma’rib, karena prajurit Yaman dan Lijan Shaabiyah sanggup membalas menyerbu serta menghancur-leburkan secara total fasiltas minyak dan perekonomian musuhnya serta mempunyai bank sasaran-sasaran penting di Saudi, Uni Emirat Arab, dan bahkan Tel Aviv di Israel.

Ma’rib selama ini jadi ujung tombak bagi Serdadu gabungan di Yaman serta pusat komando Serdadu bayaran. Akibat perilaku dan pelanggaran mereka untuk hak penduduk setempat, komunitas-komunitas suku Qaramish mengumumkan mobilisasi umum untuk melawan kejahatan Serdadu bayaran untuk klan Sabi’iyan di daerah Wadi Ubaidah di mana Serdadu bayaran telah melakukan tindakan mematikan secara bengis untuk anggota klan tersebut.

READ  I’tikaf di Rumah Selama Ramadhan, Bolehkah? - Aspiratif News

Semenjak awal tahun sekarang Provinsi Ma’rib diwarnai Pertempuran sengit di semua lini yang membikin  distrik Nihm dan kemudian kota Hazm al-Jawf jatuh ke tangan Ansarullah. Dengan sedemikian pihak lawan mereka kian terusir jauh Sanaa, dan cuma tersisa sedikit wilayah yang belum mereka kuasai di Provinsi Ma’rib.

Baca: Komandan Serdadu Pro-Saudi di Yaman Meninggal Diserang Drone Ansarullah

Para pengamat menyebutkan bahwa Pertempuran yang tersisa di Ma’rib akan berefek domino, ialah akan disusul dengan jatuhnya ke tangan Ansarullah semua wilayah yang selama ini dikuasai oleh pihak lawannya di Jawf di utara dan Bayda di selatan.

Baca: Angkatan bersenjata Yaman Umumkan Niatnya Serang Istana Saudi

Kubu agresor berusaha menebus kebangkrutan mereka, tapi dengan cara melancarkan serbuan udara secara membabi buta pada Ahad malam sampai menjatuhkan korban meninggal dan cedera yang sebagian besarnya ialah wanita dan anak kecil serta menimbulkan kebangkrutan materi dalam hitungan total besar di distrik Washhah, provinsi Hajjah. (mm/alalam)


Kota Ma’rib di Yaman Nyaris Jatuh ke Tangan Tentara Ansarullah, Efek Domino akan Terjadi – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *