Connect with us

News

Kronologi Mahasiswa ITB Meninggal Dunia Saat Uji Coba Penerbangan Pesawat

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Muhammad Rasyid Ghifary mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknis Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB meninggal dunia saat uji coba penerbangan pesawat tanpa awak. Rasyid terkena pasak dari alat pelontar pesawat.

Peristiwa dituturkan oleh Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, Prof Dr Tatacipta Dirgantara. Dia mengatakan, Rasyid meninggal pada Selasa (6/6) kemarin karena mengalami kecelakaan.

Saat itu dia menjelaskan, Rasyid bersama rekannya yang tergabung dalam UKM Aksantara ITB sedang menguji coba pesawat tanpa awak di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung.

Saat itu, Rasyid diketahui sedang bersiap untuk mengikuti perlombaan KRT (Kontes Robot Terbang) dengan membuat pesawat tanpa awak bersama UKM Aksatara. Pesawat itupun telah selesai dirakit dan siap dilombakan.

Advertisement

Namun saat melakukan uji coba, cuaca sedang hujan dan membuat tanah di Laund Sulaiman basah. Kondisi tanah yang basah itu membuat pasak dari alat pelontar pesawat tanpa awak tercabut dan mengenai tubuh Rasyid.

“Selasa sore itu hujan ya, kemudian sesudah reda mereka kemudian mencoba. Tapi karena hari Senin, Selasa hujan jadi tanah itu basah, jadi dia menancapkan pasak ke tanah. Jadi karena basah, nggak kuat,” jelas Tatacipta, dilansir detikJabar, Rabu (7/6/2023).

Tata mengatakan saat pelontas itu ditarik, pasak tercabut dari tanah dan karetnya mengenai Rasyid dan satu orang temannya. Rasyid terkena di area fatal.

“Mengenai dua orang, yang satu nggak kenapa-kenapa, hanya kena tangan,” paparnya.

Dia menegaskan kecelakaan itu murni terjadi karena kondisi tanah basah yang membuat pasak tercabut. Sementara dari sisi pesawat tanpa awak, dipastikan tidak terjadi masalah.

Advertisement

“Itu pesawatnya mau uji coba, pesawatnya mah nggak ada masalah, tapi yang masalah pelontar pesawatnya itu loh,” ujarnya

See also  1.594 Penyandang Disabilitas Kabupaten Lembata Terlibat Langsung Dalam Pemilu 2024

Source: detikNews

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *