Lagu-Warga-NU-Ya-Lal-Wathon-Menggema-di-Malaysia.jpg

Lagu Penduduk NU “Ya Lal Wathon” Menggema di Malaysia

Diposting pada

Lagu Penduduk NU “Ya Lal Wathon” Karya KH Wahab Chasbullah Menggema di Malaysia

Di kalangan penduduk NU, Lagu Ya Lal Wathon telah amat populer. Lagu Ya Lal Wathon atau Pemuda Tanah Air diciptakan oleh KH Wahab Chasbullah pada tahun 1934. Lagu ini ialah nyanyian para santri khususnya penduduk NU untuk membangkitkan Cinta Tanah Air (hubbul Wathon minal Iman).

Ya Lal Wathon dikarang KH Wahab Chasbullah awalnya dinyanyikan para santri saban hendak memulai aktifitas belajar. Tapi, lagu itu seiring berjalannya waktu lantas berkembang dan jadi penyemangat para pemuda Islam untuk Menyuruh pergi penjajah Belanda dari Tanah Air Indonesia.

Dilansir pwnujatim.or.id, Kyai Wahab ialah bagian figur publik pendiri Nahdlatul Ulama (NU), yang Saat ini jadi organisasi Islam terbesar di dunia. Perjuangan beliau dalam bela negara di mulai waktu jadi Panglima Laskar Mujahidin (Hizbullah) waktu melawan penjajah Jepang, serta pendirian “Tashwirul Afkar” (Pergolakan Pemikiran) yang Adalah perintisan gerakan kebebasan berpikir dan perlunya kebebasan dalam keberagamaan dan berpendapat, di Surabaya pada 1914.

Baca Juga :  kiai Dian Nafi Angkat Bicara Problem Ideologi Khilafah

Saat ini, lagu Ya Lal Wathon tidak cuma menggema di Indonesia. Lagu ini telah menginternasional, di antara telah mulai bergema di negeri Jiran Malaysia. Seperti video yang diupload akun @SuhaimiKholil, dia menyebut bahwa Ya Lal Wathon telah menggema di Malaysia. Dalam video unggahan tersebut, kata ‘Indonesia biladi’ diganti dengan ‘Malaysia biladi’.

“Lagu Ya Lal Wathon telah menginternasional, Saat ini Malaysia pun menggemakan lagu yg di ciptakan KH Wahab Chasbullah ini bukti bahwa Cinta Tanah Air ialah sebagian dari Iman” ujarnya.

Lagu Penduduk NU “Ya Lal Wathon” Menggema di Malaysia

Lagu Penduduk NU “Ya Lal Wathon” Menggema di Malaysia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *