LAZISNU Pusat Lakukan Pemotongan Kurban di RPH – Aspiratif News

LAZISNU Pusat Lakukan Pemotongan Kurban di RPH – Warta Batavia
Views: 896
Read Time:2 Minute, 27 Second

LAZISNU Pusat Lakukan Pemotongan Kurban di RPH – Aspiratif News

Jakarta, Aspiratif News

walaupun di tengah pandemi, antusias masarakat untuk berkurban melalui NU Care-LAZISNU tidak surut. Tapi, tak sama dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini proses penyembelihan hinnga pengemasan daging untuk didistribusikan ditunaikan di RPH (Rumah Penyembelihan Haewan).

 

Ketua NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat menyampaikan aktifitas yang biasanya ditunaikan di kisaran Masjid An Nahdlah, Gedung PBNU, Jakarta Pusat untuk tahun sekarang ditunaikan di bagian RPH yang terletak di daerah Pulogadung, Jaktim. Tapi seperti ini, pemotongan haewan kurban juga tersebar di bermacam daerah bahkan dunia.

 

“Haewan-hewan kurban tersebut sudah didistribusikan untuk saudara-saudara kita, seperti TKI di Malaysia, saudara Muslim di Palestina dan Muslim Rohingya di Bangladesh, serta bagi masarakat tidak sanggup yang Ada di Bosnia, Mesir, Sudan, Rusia, Maroko, Pakistan, dan Suriah,” terang Ajat, sapaan akrabnya.

 

Melalui tema Nusantara Berkurban Solidaritas Tanpa Batas, lanjut Ajat, NU Care-LAZISNU ingin memperlihatkan bahwa ghirah dalam berbagi tanpa mempunyai batasan terkait ras, suku, maupun golongan tertentu.

READ  Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 199, Peribadi yang Pemaaf - Warta Batavia

 

“Untuk pendistribusian di nusantara sendiri, NU Care-LAZISNU memfokuskan pada masarakat kurang sanggup, terdampak bencana, minoritas Muslim, dan masarakat di daerah rawan konflik,” tambahnya.

 

Program Nusantara Berkurban tahun sekarang menargetkan sebanyak 10.000 haewan kurban setara kambing. Sementara sampai Jumat (31/8), NU Care-LAZISNU sudah memperoleh kira-kira 4.000 haewan setara kambing. “Hitungan total ini akan terus bertambah sampai hari ke-2 tasyrik,” kata Ajat.

 

Optimalisasi pelayanan online

Abdur Rouf, Direktur NU Care-LAZISNU menambahkan perolehan tersebut didapatkan dari perhimpunan haewan secara online maupun offline.

 

“Mengingat adanya masa pandemi, kami mengoptimalkan penghimpunan secara digital untuk mengurangi interaksi offline yang berlebihan berisiko, seperti optimalisasi platform nucare.id yang Adalah website legal kami. Dan bermacam market place yang Adalah mitra-mitra the best kami,” ucap Rouf waktu diwawancarai di RPH, Pulogadung.

 

Ia juga menyampaikan bahwa perolehan kali ini, NU Care-LAZISNUjuga Ikut menghimpun hewan-hewan kurban dari bermacam instansi, baik pemerintah maupun swasta.

 

“Alhamdulillah, NU Care-LAZISNU juga Ikut dipercaya untuk menyalurkan haewan kurban Pak Joko Widodo, dari partai politik bahkan yang lintas partai, perusahaan BUMN, swasta, TNI, Polri, Kementerian,” tambahnya.

READ  Pemudik Wajib Rapid Test sebelum Ngantor - Aspiratif News

 

Bebas plastik

Ketua Kurban NU Care-LAZISNU M Wahib Emha juga menjelaskan bahwa untuk menyokong Kampanye Bebas Plastik, NU Care-LAZISNU meminimalisir pemanfaatan plastik dengan menggantinya mempergunakan besek.

 

“Selaku bagian bentuk sokongan kami kepada Kampanye Bebas Plastik dan juga sokongan kepada hasil Munas Konbes NU 2019 di Banjar, kami mempergunakan besek selaku wadah daging kurban. Stop Kresek, Use Besek! itulah bagian jargon yang juga kita kampanyekan dalam program ini,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Isro dari Kementan juga menambahkan bahwa seluruh haewan yang akan dikurbankan telah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

 

“Haewan-hewan ini telah melalui pemeriksaan yang cukup ketat dan sudah lolos uji sehingga aman untuk dikonsumsi, termasuk hewan-hewan qurban yang Ada di sini,” ucapnya waktu di tengah ritual pemotongan qurban di RPH Pulogadung.

 

Kontributor: Wahyu Noerhadi, Putri Azmi Millatie

Editor: Kendi Setiawan

 

LAZISNU Pusat Lakukan Pemotongan Kurban di RPH – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *