Kategori
Berita

Luhut Buka-bukaan soal Proyek Smelter, Begini Progresnya

Pemerintah mendorong pembangunan pengecoran di kawasan industri strategis. Program pembangunan peleburan logam masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, proyek smelter tersebut saat ini sedang berlangsung dan akan selesai.

“RPJMN dimutakhirkan untuk kawasan industri strategis dan pengecoran. Semua ini sudah berjalan. Banyak intelektual yang tidak melihat angka ini. Pemikirannya baru tapi kenyataannya semuanya terjadi,” kata Luhut kepada CNBC Indonesia Mining Forum dengan tema “Perspectives for Industri pertambangan dan batu bara 2021, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (24/3/2021).

Pabrik peleburan berlokasi di KEK Galang Batang dengan produk alumina dengan nilai investasi $ 1,9 miliar. Penggabungan ini akan menjadi COD pada tahun 2021. Berikutnya adalah kawasan industri Morowali Utara dengan produk besi berlapis nikel. Pengecoran ini menghabiskan investasi $ 1,9 miliar dan akan menjadi COD pada kuartal keempat 2021.

Berikutnya adalah kawasan industri Tanah Kuning dengan alumina dan produk baja. Nilai investasinya mencapai $ 1,5 miliar dan akan menjadi COD pada tahun 2022 dan 20215. Selain tiga smelter tersebut, ada 6 smelter lainnya yang akan beroperasi kurang dari 4 tahun.[detik.com]

var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];

if (d.getElementById(id)) return;

js = d.createElement(s); js.id = id;

js.src = "https://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v2.8";

fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);

}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *