mahfud-md-revisi-uu-kuhp-tinggal-sedikit-lagi-Tk1ryedXF128129.jpg

Mahfud MD: Revisi UU KUHP Tinggal Sedikit Lagi

Diposting pada

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menekankan pentingnya temuan baru dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang digunakan sejak zaman penjajahan Belanda. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menegaskan bahwa perubahan undang-undang sejalan dengan perubahan masyarakat.

Oleh karena itu, sudah saatnya Undang-Undang Hukum Pidana (UU) yang sudah berusia lebih dari 100 tahun diubah.

“Ketika proklamasi terjadi, berarti terjadi perubahan masyarakat kolonial menjadi masyarakat merdeka, masyarakat kolonial menjadi masyarakat yang tidak lagi terjajah. Sehingga undang-undang harus diubah,” kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Kamis. (4/4) 3/2021).

Mahfud mengatakan, berdasarkan datanya, upaya amandemen RUU KUHP sudah berlangsung sekitar 60 tahun. Namun, hingga saat ini belum berhasil.

“Beberapa penyebab kegagalan ini, pertama-tama, justru karena terciptanya hukum bersyarat dan pemersatu yang tidak mudah dalam masyarakat majemuk Indonesia. Jadi kita harus bersatu untuk mencapai kesepakatan atau kesepakatan yang sudah ada. hasilnya, “katanya.

Meski demikian, Mahfud mengaku masih yakin RUU KUHP bisa segera disahkan. Untuk masanya, Mahfud memang tidak mendetail.

Baca Juga :  Meski Ganti Nama, Polri Tetap Akan Bubarkan Kegiatan FPI

“Ayo buat resultan baru. Kesepakatan baru. Sedikit lagi,” ucapnya.

“Jadi tahun ini misalnya, KUHP baru kita disetujui. Saat itu saya sedang mendekati pembentukan kabinet baru yang prihatin dengan penolakan beberapa undang-undang. Saya termasuk yang berpendapat bahwa itu segera disetujui.” terus berlanjut.

Jika ada hal-hal yang perlu diselesaikan dalam RUU KUHP, dapat dilakukan melalui legislative review atau vial judi. Menurutnya, format akun sudah bagus.

Masalah yang salah bisa diperbaiki nanti melalui legislative review dan judicial review. Yang penting format saat ini bagus, jika ada yang materinya kurang sesuai bisa diperbaiki sambil jalan. Jadi menurut saya, proses ini perlu dipercepat agar bisa diambil langkah-langkah selanjutnya untuk mengatasinya, ”pungkas Mahfud. [okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *