mahfud-md-dan-amien-rais_20180424_071512-696x391.jpg

Mahfud MD Skakmat Amien Rais soal Wacana Presiden Tiga Periode

Diposting pada

Pidato tentang perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga istilah yang lebih hangat. Pidato ini pertama kali disampaikan politisi senior, Amien Rais melalui YouTube Amien Rais Official, Sabtu (13/3/2021).

Pendiri Partai Ummat mengatakan ada skenario untuk mengubah ketentuan UUD 1945 tentang masa jabatan presiden dari dua menjadi tiga masa.

Menurut Amien, rencana perubahan ketentuan tersebut akan dilakukan dengan menggelar sidang khusus Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk mengamandemen atau mengamandemen UUD 1945.

“Jadi mereka akan mengambil langkah pertama untuk menanyakan tentang sidang khusus MPR yang bisa memuat 1-2 pasal yang katanya harus diperbaiki, yang saya juga tidak tahu,” kata Amien dalam siaran dari Kompas, dikutip dari Reuters. Senin. (15/3/2021).

Mantan politikus PAN itu melanjutkan, setelah sidang khusus digelar, akan muncul usulan untuk mengubah masa jabatan presiden dari dua periode menjadi tiga periode.

Pidato presiden dalam 3 periode ini mengundang reaksi dari berbagai pihak. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mencontohkan, pemerintahan Presiden Joko Widodo tak berpidato selama tiga periode. Hal itu dilakukan Mahfud menanggapi pernyataan mantan Ketua MPR Amien Rais.

Baca Juga :  Jenderal Zionis: Dikepung Ribuan Rudal, Israel Tak Lagi Unggul

“Pemerintah tidak mengucapkan kata permohonan sebanyak tiga kali, empat kali, lima kali. Kami (menghormati) konstitusi yang sekarang,” kata Mahfud, Senin (15/3).

Mahfud menjelaskan, sikap Presiden Joko Widodo dalam pidatonya sangat jelas dalam cara mempublikasikannya.

“Kalau saya dengarkan Pak Jokowi dan adik-adik saya kira-kira ada sidik jarinya, kalau ada yang mendorong Pak Jokowi jadi presiden lagi, Pak Jokowi bilang itu cuma dua alasan, satu mau ribet, dua mau jilat ya? Pak Jokowi, ”jelasnya.

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *