Connect with us

Edukasi

Manfaat dan Cara Membuat Masker Tomat Untuk Wajah Jerawat

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Jerawat yang tumbuh di area wajah memang sering menjengkelkan, mengganggu penampilan, dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu area wajah yang rentan terkena jerawat ialah dagu. Jerawat di wajah umumnya disebabkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan berbagai macam kotoran yang mengundang jerawat.

Melansir dari Merdeka, munculnya jerawat kerap disebabkan oleh kebersihan kulit yang tidak terjaga. Seseorang yang tidak menjaga kebersihan wajahnya bisa berpotensi memicu timbulnya jerawat. Pasalnya, saat kebersihan wajah tidak terjaga maka pori-pori bisa tersumbat oleh minyak dan sisa kotoran yang menempel di wajah.

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami, yaitu dengan buah tomat. Buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C, yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Berikut beberapa manfaat tomat untuk wajah berjerawat yang lansir dari Merdeka.com:

Mencerahkan Wajah

Advertisement

Salah satu manfaat tomat untuk wajah berjerawat, yaitu mencerahkan kulit. Buah tomat memiliki khasiat yang sama untuk membuat kulit wajah semakin cerah berseri. Sebab, buah tomat diklaim juga memiliki kandungan vitamin C dan kadar antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas penyebab kulit terlihat kusam.

Caranya mudah, konsumsi buah tomat secara rutin, baik sebagai campuran makanan ataupun sebagai minuman segar. Dengan begitu, kulit wajah Anda akan tampak lebih cerah dan berseri.

Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat selanjutnya, yaitu membantu menghaluskan kulit wajah. Wajah yang halus bukan hanya akan membuat penampilan menjadi semakin menarik, tetapi wajah juga akan semakin terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Sebab, buah tomat dipercaya dapat melembapkan kulit wajah melalui kandungan kalium yang ada di dalamnya. Selain itu, tomat juga membantu kulit wajah untuk meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi sel-sel kulit. Hal ini tentu saja membantu kulit wajah terlihat semakin menarik dan awet muda.

Advertisement

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

See also  267 Ribu Hektar Lahan Terbakar di Indonesia

Selain dapat menghaluskan kulit wajah, buah tomat juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Menumpuknya sel-sel kulit mati pada kulit wajah juga dapat menimbulkan banyak masalah seperti wajah kusam hingga penuaan dini. Tentu saja tidak ada orang yang menginginkan hal tersebut terjadi.

Pengecilkan Pori-poro Wajah

Manfaat tomat untuk kulit wajah berjerawat lainnya, yaitu membantu mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori wajah yang membesar tentu dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami masalah kesehatan pada kulit wajah seperti jerawat hingga timbulnya komedo.

Hal tersebut terjadi lantaran kotoran hingga sel-sel kulit mati dapat menumpuk lebih banyak dan bercampur dengan kelenjar minyak yang dihasilkan oleh pori-pori. Nah, kandungan antioksidan yang terdapat pada buah tomat tersebut dinilai dapat membuat pori-pori semakin mengecil.

Advertisement

Cegah Penuaan Dini

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat lainnya, yaitu membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Vitamin B sangat penting untuk kesehatan kulit, dan tomat mengandung banyak vitamin ini. Total, tomat memiliki kandungan B-1, B-3, B-5, B-6 dan B-9.

Vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel. Mereka dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

Berikut cara membuat masker tomat untuk jerawat yang pertama, dilansir dari liputan6.com. Bahan campuran dalam pembuatan masker tomat untuk jerawat yang pertama ini adalah madu.

Bahan:

Advertisement

• 1 buah tomat segar

• 1 sendok makanmadu

Cara membuat masker tomat madu:

1. Haluskan tomat yang telah dicuci.

2. Campurkan tomat dengan madu dan aduk rata.

Advertisement

3. Oleskan pada wajah, dan tunggu sekitar 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

Cara Membuat Maker untuk Wajah Berjerawat – dengan Timun

See also  Waspada! Sinar Matahari Bisa Sebabkan Kanker Kulit, Ini Cara Mengatasinya

Selain madu, Anda juga bisa menambahkan kombinasi tomat, madu dan timun untuk mengatasi jerawat sekaligus menyehatkan kulit.

Bahan:

• 1 buah tomat segar

Advertisement

• 100 gram mentimun

• 3 sendok makan madu

Cara membuat masker tomat timun:

1. Potong tomat jadi dua bagian dan haluskan.

2. Haluskan mentimun dengan cara diparut, kemudian satukan kedua bahan dan tambahkan madu.

Advertisement

3. Aplikasikan masker pada wajah dengan menggunakan kapas, dan diamkan hingga mengering selama 15-20 menit.

4. Bilas dengan menggunakan air dingin

Dok : iStockphoto

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *