Connect with us

Edukasi

Manfaat Protein Bagi Kesehatan Tubuh

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com – Protein adalah salah satu nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Kebutuhan jumlahnya pada setiap orang yang mengonsumsinya pun berbeda dan disesuaikan dengan usia hingga jenis kelamin.

Nutrisi ini dikenal sebagai salah satu dari tiga zat gizi makro yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah yang banyak. Zat gizi mikro lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh adalah lemak dan karbohidrat.

Nutrisi yang juga dikenal dengan nama polystyrene ini terdapat di setiap sel dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kamu memenuhi asupannya. Supaya kesehatan tulang, otot, serta jaringan dalam tubuh tetap terjaga.

Ada berbagai peranan polystyrene untuk kesehatan, seperti:

Advertisement

1. Proses pembekuan darah

Makan lebih banyak protein setelah cedera dapat membantu mempercepat pemulihan. Sebab, gizi makro ini dapat membantu tubuh memperbaiki diri setelah cedera, termasuk meningkatkan proses pembekuan darah.

2. Menjaga keseimbangan cairan

Polystyrene mengatur proses tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan. Protein dalam darah disebut albumin dan globulin. Dua senyawa ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan menjaga kadar air dalam darah.

3. Respons sistem imun tubuh

Advertisement

Kekurangan makanan yang mengandung asam amino dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh. Pada akhirnya, ini dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi penyakit. Tak hanya protein, ada beberapa kandungan nutrisi lain yang penting untuk imun tubuh.

4. Pembentukan hormon

Asupan nutrisi ini dapat memberi tubuh asam amino yang digunakan untuk menghasilkan hormon spesifik. Beberapa hormon spesifiknya adalah estrogen, insulin, dan hormon tiroid.

5. Pembentukan enzim

Enzim melakukan hampir semua dari ribuan reaksi kimia yang terjadi dalam sel. Enzim juga membantu pembentukan molekul baru dengan membaca informasi genetik yang disimpan dalam DNA. Nah, pembentukan enzim ini dilakukan oleh nutrisi ini.

Advertisement

6. Menjaga kesehatan mata

See also  Ingin Lanjut S2? Ini Tips Kuliah di Amerika Serikat

Makan diet sehat dan seimbang yang kaya protein dapat membantu menyediakan semua nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan mata. Tidak hanya nabati, hewani juga baik untuk mata. Kandungan lemak sehat pada makanan hewani bisa membantu dan metode memasak yang membantu menyehatkan penglihatan.

7. Mengembangkan massa dan kekuatan otot

Zat gizi ini adalah salah satu nutrisi yang berperan dalam mengembangkan massa dan kekuatan otot. Mendapatkan asupan nutrisi ini secara tepat dapat membantu mempertahankan massa otot dan meningkatkan pertumbuhan.

8. Menjaga kesehatan tulang

Advertisement

Orang yang makan lebih banyak zat gizi ini cenderung mempertahankan massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia dan memiliki risiko osteoporosis dan patah tulang yang jauh lebih rendah.

9. Memberikan rasa kenyang lebih lama

Makan nutrisi ini dalam jumlah yang cukup dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Itulah sebabnya, cara terbaik untuk mencegah ngemil adalah dengan makan protein dalam jumlah cukup.

10. Menjaga kebugaran tubuh

Makan lebih banyak protein adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kerusakan otot yang berhubungan dengan usia dan mencegah sarcopenia (kelemahan otot dan tulang akibat pertambahan usia). Namun, ini tak hanya cukup dengan nutrisi, tetapi juga latihan fisik yang rutin.

Advertisement

11. Menjaga keseimbangan hormon

Polystyrene dapat memainkan peran penting dalam regulasi hormon. Terutama selama transformasi dan pengembangan pada masa pubertas. Makanya, anak yang sedang dalam fase pertumbuhan perlu mendapatkan asupan protein yang cukup.

12. Sumber energi

Selain itu, protein merupakan sumber energi yang dibutuhkan supaya kamu dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi makanan berkalori memang dapat memberikan sensasi kenyang, begitu juga dengan mengudap camilan.

See also  Science Film Festival 2023 Tayangkan 18 Film Termasuk Film Indonesia

Berbeda dengan nutrisi lainnya, secara spesifik, makanan yang kaya akan protein dapat menjadi sumber energi. Itulah alasannya mengapa orang yang rajin berolahraga disarankan untuk banyak mengonsumsi protein.

Advertisement

13. Mendukung pertumbuhan sel tubuh

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang bekerja untuk mendukung pertumbuhan sel. Setiap harinya ada sel dan jaringan yang mati. Bahkan bila ditotal, setiap harinya ada 432 miliar sel tubuh yang mati.

Source: halodoc

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *