Masuk Situs Haji Tanpa Izin, 244 Orang Ditangkap – Aspiratif News

Masuk Situs Haji Tanpa Izin, 244 Orang Ditangkap
Views: 17
Read Time:2 Minute, 10 Second

Masuk Situs Haji Tanpa Izin, 244 Orang Ditangkap – Aspiratif News

Makkah, Aspiratif News

Tentara Keamanan Haji menangkap ratusan orang yang mencoba masuk ke situs-situs haji secara ilegal. Diadukan, sampai waktu ini ada 244 orang yang ditangkap karena hendak masuk wilayah-wilayah yang dicegah tersebut.


“Para penjaga keamanan telah melakukan penjagaan keamanan yang ketat di dalam dan kisaran situ-situs suci dan menangkap para pelanggar,” sedemikian dikatakan seorang Juru Bicara Tentara Keamanan Haji, dilansir website Arab News, Rabu (29/7).


Dia menyerukan agar orang-orang menghindari masuk ke situs-situs tanpa izin selama musim haji. Karena jikalau hal itu dilanggar maka mereka akan memperoleh konsekuensinya. Sebagaimana Otoritas Arab Saudi menjelaskan dengan tegas bahwa siapa saja yang masuk situs-situs suci (Mina, Muzdalifah, Arafah, dan lainnya) di Kota Makkah tanpa izin pada waktu musim haji akan didenda 10 ribu riyal atau setara Rp38 juta. Mereka yang menabrak berulang akan didenda 2 kali lipat, yaitu 20 ribu riyal atau Rp76 juta. Hal ini dikerjakan untuk membatasi hitungan total orang di kota suci tersebut selama musim haji karena pandemi virus corona (Covid-19).   

READ  Lirik Teks Tabarokallah/Al-Arusain - Teks Latin dan Artinya


Lebih dari itu, pihak keamanan juga akan menjatuhi hukuman mereka yang secara ilegal mengangkut jamaah haji yang belum disetujui untuk melakukan haji tahun sekarang. Hukumannya pun bertingkat. Untuk pelanggaran ke-1, dia akan dipenjara selama 15 hari dan didenda sampai 10 ribu riyal untuk saban jamaah ilegal yang diangkutnya. Jikalau dia seorang ekspat, dia akan dideportasi sesudah menuntaskan hukumannya dan dicegah masuk kembali Kerajaan. Tidak sampai di situ, kendaraannya juga akan disita. 


Untuk pelanggaran ke-2, dia akan dipenjara selama 2 bulan dan didenda tidak lebih dari 25 ribu riyal untuk saban jamaah ilegal yang dibawanya. Jikalau dia seorang ekspat, dia akan dideportasi sesudah menuntaskan hukumannya dan dicegah masuk kembali wilayah Kerajaan.  


Jikalau pelanggar mengulanginya sebanyak 3 kali, dia akan dipenjara maksimum enam bulan dan didenda maksimum 50 ribu riyal untuk saban jamaah haji yang diangkutnya. Jikalau seorang ekspat, dia juga akan dideportasi dan dicegah masuk kembali wilayah Kerajaan. Disebutkan bahwa aturan ini akan berlaku mulai 19 Juli (28 Dzulqa’dah) sampai 2 Agustus (12 Dzulhijjah). 

READ  Pro-kontra Sistem Khilafah oleh Sesama Pengusung Khilafah


“Kementerian Dalam Negeri Saudi menyerukan ke semua masyarakat dan warga untuk mentaati petunjuk musim haji tahun sekarang. Kementerian juga Mengatakan dengan tegas bahwa petugas keamanan akan memulai tugas mereka di semua jalan dan jalur ke ke tempat-tempat suci untuk mencegah pelanggaran dan mengendalikan saban usaha untuk masuk daerah selama periode yang ditetapkan,” sedemikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Saudi, sebagaimana dikabarkan Alarabiya, Ahad (12/7). 


Pewarta: Muchlishon

Editor: Fathoni Ahmad

Masuk Situs Haji Tanpa Izin, 244 Orang Ditangkap – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *