Connect with us

Artikel

Media Sosial Instagram Populer di Kalangan Gen Z

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Instagram selama 2023 menjadi platform media sosial paling populer di kalangan Generasi Z, kelompok yang lahir sekitar tahun 1997 sampai 2012, menurut laporan bertajuk “Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial” dari agensi pemasaran digital Invinyx dan lembaga survei Jakpat.

Dalam keterangan persnya pada Rabu (27/3), Invinyx dan Jakpat menyampaikan bahwa ada tiga platform media sosial yang populer dan sering diakses oleh responden, yakni Instagram (94 persen), YouTube (91 persen), dan TikTok (81 persen).

Menurut laporan Invinyx dan Jakpat, format konten yang paling diminati di media sosial terdiri atas vlog, podcast, dan story.

Dalam hal ini, konten vlog dan foto lebih disukai oleh perempuan, sedangkan konten dengan format live streaming dan giveaway lebih populer di kalangan pria.

Advertisement

Menurut hasil survei, konten hiburan paling banyak ditonton di media sosial dengan persentase responden penonton konten hiburan sampai 88 persen.

Konten kuliner dan fesyen juga diminati. Persentase responden yang menikmati konten kuliner dan fesyen berturut-turut 84 persen dan 65 persen.

Laporan Invinyx dan Jakpat menunjukkan bahwa Gen Z lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan, dan fesyen melalui media sosial, sedangkan Gen Y dan Gen X lebih menyukai produk kuliner dan perangkat elektronik di platform tersebut.

Menurut laporan itu, responden berusia 18 sampai 25 tahun mempertimbangkan keterjangkauan harga dalam membuat keputusan pembelian, sementara responden berusia 26 sampai 35 tahun lebih mengutamakan ulasan positif.

Laporan tersebut juga mengemukakan peran penting tautan produk pada konten promosi pemimpin opini kunci dalam mempengaruhi keputusan responden untuk membeli produk di platform media sosial.

Advertisement

“Studi kami menunjukkan perbedaan dalam penggunaan media sosial, minat konten, dan preferensi produk antara Gen Z, Millennial, dan Gen X. Hal ini menegaskan pentingnya menyesuaikan strategi pemasaran digital untuk setiap segmen,” kata Pemimpin Riset Jakpat Farida Hasna Annuha.

See also  Ini Waktu Terburuk Mengonsumsi Cemilan

“Apalagi dengan kehadiran key opinion leader yang menjadi salah satu pengaruh dalam meningkatkan preferensi dan informasi bagi konsumen dalam keputusan pembelian,” ia menambahkan.

Salah satu pendiri Invinyx Digital Agency Muhammad Ilmayanto Rustriananda berharap laporan tersebut dapat membantu para pelaku industri menerapkan strategi pemasaran digital secara tepat.

Source: antaranews

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *