Connect with us

Edukasi

Memperingati Satu Muharam, SAF Bersama SAS Institute Gelar Dialog

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com – Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) bersama Said Aqil Siroj (SAS) Institute menggelar dialog publik sebagai peringatan tahun baru Islam Satu Muharam dengan mengusung tema “Merajut Kebersamaan, Menata Indonesia” di Perumahan Persada Banten, Senin (31/7).

Acara tersebut menghadirkan para narasumber dari Dekan Fakultas Syariah UIN SMH Banten, A. Zaeni. Ketua Program Doktor Hukum Keluarga Islam UIN SMH Banten, Ahmad Hidayat. Guru Besar Bidang Sosiologi Untirta, Suwaib Amiruddin.

Menurut Hidayat, menjaga perdamaian di antara manusia perlu memiliki rasa ukhuwah.

“Untuk menjaga dan menuju perdamaian itu kita perlu memiliki rasa ukhuwah,” ucapnya.

Advertisement

Ada dua macam ukhuwah menurut Hidayat yaitu ukhuwah binsaniah yaitu ikatan persaudaraan karena agama, dan ukhuwah insaniah yaitu ikatan persaudaraan karena manusia.

“Maka dari itu penting nya ukhuwah dala membentuk perdamaian baik lintas suku ataupun agama,” bebernya.

Secara bersamaan menurut Zaeni, perlunya sikap Lii ta’arofu yaitu menciptakan suasana saling mengenal.

“Kita perlu memiliki sikap tersebut untuk menciptakan suasana saling mengenal dengan baik,” jelasnya.

“Karena seperti filosofis Sunda, lidi satu tidak akan bisa membersihkan sampah, tetapi jika digabungkan banyak akan memiliki kekuatan,” tambah Zaeni.

Advertisement

Di sisi lain, Suwaib menuturkan, Indonesia perlu ditata dan sebagai manusia tentunya perlu melihat bahwa Indonesia bangsa yang majemuk.

“Indonesia perlu ditata dengan baik, sebagai manusia tentunya kita harus melihat bahwa kita ini bangsa yg majemuk tapi kita harus bersama meskipun berbeda-beda,” tuturnya.

“Kebersamaan inilah harus ditata dengan baik, baik dari segi aspek akurat, aspek kelakuan kita sebagai umat manusia dan menata Indonesia harus bersama-sama agar tidak terlalu sulit agar Indonesia lebih baik,” tambah Suwaib.

See also  AN dan PISA untuk Perencanaan Pendidikan Indonesia Berbasis Data

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *