6040cb306c8a0.jpg

Mendag Lutfi: Saya Jamin Tak Ada Impor Beras Saat Panen Raya

Diposting pada

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi membenarkan tidak ada impor beras selama masa panen raya. Dia mencontohkan, rencana impor beras 1 juta ton tidak bermaksud merugikan harga beras petani.

“Saya jamin tidak ada impor saat panen raya. Dan hari ini tidak ada beras impor yang mengganggu harga petani, karena belum ada yang diimpor,” kata Lutfi dalam jumpa pers virtual, Jumat (19/3/2021). ).

Ia mengatakan, pemerintah tidak pernah menyatakan produksi beras dalam negeri tidak mencukupi atau berlebihan. Di sisi lain, dia selalu menegaskan Bulog harus memiliki cadangan atau stok besi antara 1 juta hingga 1,5 juta ton.

Data inventaris telah lama menjadi prinsip utama pemerintah yang digunakan saat harga beras berfluktuasi. Dia mengatakan, pasokan beras Bulog bisa berasal dari dalam negeri atau dari luar negeri.

Lutfi mengatakan, berdasarkan proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS), produksi beras nasional tahun ini akan setara dengan tahun lalu. Namun hal tersebut jelas masih bersifat prediktif dan perlu diantisipasi oleh pemerintah.

Baca Juga :  Emas Freeport Sebentar Lagi Habis, Bahlil Kasih Peringatan

Namun, jika pasokan beras dalam negeri pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan stok beras Bulog, beras tersebut tidak perlu diimpor.

“Sekarang kita lihat panennya. Kalau bagus, jelas Bulog akan mengisi kembali stoknya dengan pasokan internal. Tapi angkanya jelas, Bulog harus punya 1 juta hingga 1,5 juta ton,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pada dasarnya Bulog memiliki kesepakatan untuk menyerap beras dari petani. Salah satunya, kadar air maksimal dalam beras adalah 25%, menurut Permendag 24/2020.

Karenanya, hanya beras yang memenuhi syarat yang bisa diserap Bulog. Sedangkan pada saat hujan lebat kualitas beras bagi petani rata-rata memiliki kadar air yang tinggi.

“Tapi kalau stok Bulog bagus saat musim panen raya, saya tidak ada masalah,” kata Lutfi.[kompas.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *