Connect with us

Edukasi

Mengetahui Perbedaan Pahlawan Nasional, Kemerdekaan Nasional, dan Revolusi

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Sebagai penghormatan, tokoh berjasa bagi Indonesia yang telah gugur diberi gelar pahlawan sesuai peraturan perundang-undangan. Ada beragam sebutan bagi pahlawan, di antaranya yakni pahlawan nasional, pahlawan kemerdekaan, hingga pahlawan revolusi.

Perbedaan sebutan pahlawan salah satunya muncul berdasarkan peran dan kontribusinya pada periode perjuangan tertentu di Indonesia.Simak penjelasannya berikut sampai akhir, ya!

Pahlawan Nasional
Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Pengertian dan ketentuan gelar pahlawan nasional tersebut diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Advertisement

Tujuan Pemberian Gelar
Adapun tujuan pemberian gelar pahlawan ini juga dijelaskan dalam Pasal 3 dalam UU No 20 Tahun 2009 Tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, yakni sebagai berikut:

1. Menghargai jasa setiap orang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi yang telah mendarmabaktikan diri dan berjasa besar dalam berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara

2. Menumbuhkembangkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, dan kejuangan setiap orang untuk kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara

3. Menumbuhkembangkan sikap keteladanan bagi setiap orang dan mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara.

Tokoh Pahlawan Nasional
Berikut beberapa tokoh pahlawan nasional RI seperti dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara RI:

Advertisement

1. Soekarno
2. Mohammad Hatta
3. Johannes Leimena
4. Radjiman Wedyodiningrat
5. Lambertus Nicodemus Palar
6. Tahi Bonar (TB) Simatupang
7. H Usmar Ismail
8. Tombolotutu
9. Sultan Aji Muhammad Idris

See also  Menkumham: Seluruh Siswa Menengah Atas Harus Memiliki Jiwa Integritas Dalam Organisasi

Pahlawan Kemerdekaan
Pahlawan Kemerdekaan Nasional adalah sebutan bagi warga negara Indonesia yang semasa hidupnya berjasa dalam memimpin perlawanan terhadap penjajahan di Indonesia menuju kemerdekaan. Sebutan ini juga diberikan bagi WNI yang berjasa dalam memberikan pengaruhnya terhadap bidang politik ketatanegaraan, sosial, ekonomi dan kebudayaan, baik itu berkaitan dengan kemerdekaan maupun pengembangan Indonesia.

Tokoh Pahlawan Kemerdekaan Nasional
1. KH Mas Mansur
2. R Supomo
3. KH Hasyim Asy’ari
4. Prof Dr WZ Yohannes
5. Muhammad Husni Thamrin
6. Christina Martha Tiahahu

Pahlawan Revolusi
Pahlawan Revolusi adalah gelar yang diberikan kepada sejumlah perwira militer yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) 1965. Melansir dari laman Kemdikbud, pemberontakan tersebut memakan korban yang merupakan para petinggi TNI AD dan beberapa korban lainnya. Untuk mengenang mereka yang gugur dalam peristiwa tersebut, mereka diberi gelar sebagai Pahlawan Revolusi melalui beberapa Keputusan Presiden pada tahun 1945.

Tokoh Pahlawan Revolusi
1. Jenderal Ahmad Yani
2. Letjen Suprapto
3. Letjen Siswondo Parman
4. Letjen Mas Tirtodarmo Haryono
5. Mayjen Donald Ignatius Panjaitan
6. Mayjen Sutoyo Siswomiharjo
7. Brigjen Katamso
8. Kapten Pierre Tendean
9. AIP Karel Satsuit Tubun
10. Kolonel Sugiyono

Advertisement

Begitulah perbedaan pahlawan nasional, pahlawan kemerdekaan, dan pahlawan revolusi yang disertai beberapa tokohnya. Semoga membantu!

Source: Detikcom
Dok:Pahlawan revolusi. Foto: Zaki Alfarabi/detikcom

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *