Menghina-Presiden-Erdogan-Ribuan-Orang-Dipenjara-di-Turki.jpg

Menghina Presiden Erdogan, 3.800 Orang Dipenjara di Turki

Diposting pada

Berita Turki Terkini, 3.800 Orang Dipenjara di Turki sebab Menghina Presiden Erdogan

BAGHDAD – Di Turki, lebih dari 3.800 orang dijebloskan ke dalam sel sebab dinilai menghina Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada tahun lalu. Hal itu terungkap dalam laporan yang diumumkan Cumhuriyet dan BirGun. Hitungan total ini naik 87 % dibandingkan tahun 2018, di mana 2.046 orang dijatuhi hukuman dalam Perkara penghinaan presiden Turki.

KUHP Turki mengkriminalisasi kepada penghinaa presiden, dengan pelanggar biasanya berhadapan dengan hukuman sel sampai 4 tahun. Hukuman itu dapat bertambah kalau penghinaan presiden terungkap di ruang publik.

Sebab penangkapan terus meningkat selama 4 tahun terakhir, organisasi HAM sudah meminta Turki untuk mengakhiri penuntutan atas tindakan menghinaan presiden dan menuding pemerintah Turki mempergunakan undang-undang tersebut untuk membungkam suara-suara kritis.

“Sistem peradilan Turki di bawah intimidasi luar biasa untuk menuntut saban kritik kepada Erdogan. Problem yang paling penting ialah bahwa sistem peradilan tidak lagi independen di Turki – pada dasarnya ikut arahan dari istana presiden,” ujar Henri Barkey, seorang rekan untuk studi Timur Tengah di Dewan Hubungan Luar Negeri, seperti dikutip Al Arabiya.

Baca Juga :  Kamp Pengungsi Suriah, Perempuan dan Anak Australia Diculik

Menurut jurnalis Turki yang diasingkan, Bulent Kenes, pemerintah Turki di bawah Erdogan sudah menarik garis tipis antara komentar kritis dan penghinaan. Kenes didakwa dan dijatuhi 3 hukuman seumur hidup, ditambah 15 tahun sel di Turki sesudah mecatat kolom yang mengkritik Erdogan pada Juli 2016. Tetapi, dia sukses lolos dari hukuman dan sekarang menetap di Eropa.

“Saya menerima sejumlah hukuman sel semenjak 2015, sebab Disangka menghina Erdogan cuma sebab kritik biasa saya terhadapnya. Saya dapat cepat menggarisbawahi fakta bahwa sebagian besar Perkara yang disebut ‘penghinaan’ tidak ada hubungannya dengan penghinaan yang nyata,” kata Kenes.

Kenes menjelaskan, apa yang disebut Perkara penghinaan tidak mengejutkan, mengingat bahwa rezim waktu ini di Turki tidak liberal maupun demokratis.

“Akan amat tidak biasa dan tidak normal menyaksikan 3.831 orang dijatuhi hukuman sel dalam setahun di negara demokratis cuma sebab mereka mengkritik presiden mereka. Tetapi, itu ialah norma rezim Erdogan untuk menganiaya saban perbedaan pandangan melalui persidangan palsu di pengadilan kanguru,” ujarnya.

Baca Juga :  Suriah Tuduh Rezim Turki Sponsor Utama Terorisme di Suriah

Sebanyak 36.066 orang berhadapan dengan penyelidikan kriminal pada 2019 sebab Disangka menghina Erdogan, yang ke-1 kali terpilih pada 2014 untuk menjabat selaku presiden.

Bagian dari ribuan yang dijatuhi hukuman ialah politikus Figen Yuksekdag, member oposisi Partai Demokrat Rakyat Kurdi (HDP), yang menerima hukuman 1 tahun enam bulan sel.

“Investigasi dan hukuman ini hanyalah metode penganiayaan dan intimidasi kepada mereka yang menentang,” kata Kenes. (ar)

Menghina Presiden Erdogan, 3.800 Orang Dipenjara di Turki

Menghina Presiden Erdogan, 3.800 Orang Dipenjara di Turki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *