045348700_1611727277-20210127-Panglima_TNI_hingga_Raffi_Ahmad_Kembali_Jalani_Vaksinasi_Kedua-3.webp_.jpeg

Menkes: Imun Baru Efektif 28 Hari Setelah Suntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Diposting pada

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan efektivitas vaksin Covid-19 untuk munculnya kekebalan baru akan efektif 28 hari setelah dosis suntikan kedua.

“Oleh karena itu, kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan harus dilakukan dengan baik,” kata Menkes dalam keterangan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara pada Jumat, 5 Maret 2021.

Vaksinasi Covid-19, menurut Menteri Gunadi, tidak 100% melindungi seseorang dari tertular virus. Namun, hal ini dapat mengurangi kemungkinan atau risiko sakit.

“Sehingga diharapkan protokol kesehatan dilaksanakan dengan benar,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Sementara itu, Wakil Gubernur Steven Kandouw mengatakan proses vaksinasi Covid-19 di Sulut berjalan dengan baik. Tahap pertama, pihaknya menerima 22 ribu vaksin dan tahap kedua 64 ribu.

“Kami mengapresiasi cepatnya regulasi yang diberikan langsung kepada pelaku pariwisata, antara lain. Dengan ini kita memiliki titik terang bagi kita semua di Sulut untuk segera menyelesaikan permasalahan yang diakibatkan oleh Covid-19,” ujarnya. Kata Steven.

Pelaku Usaha Pariwisata Prioritas Vaksin

Baca Juga :  Tuntut Rizieq Ditangkap, Massa: Ngaku Revolusi Akhlak Tapi Tidak Bermoral

Di sisi lain, salah satu operator tur penerima vaksin Covid-19 bernama Olivia mengaku bersyukur perusahaan tur tersebut mendapatkan vaksin prioritas.

Ia optimistis hal itu akan berdampak positif bagi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta itu.

“Saya senang mendapat giliran vaksin, karena kami sering bertemu banyak orang, termasuk wisatawan. Dengan vaksin ini saya merasa aman dan terjamin, meski penerapan protokol kesehatan juga harus dijaga,” ujarnya. Kata Olivia, seorang penjelajah. Operator ibis Manado.[liputan6.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *