menko-luhut-bawa-kabar-gembira-pemerintah-hemat-belanja-rp247-1-triliun-qWgJu9L2D1.jpg

Menko Luhut Bawa Kabar Gembira, Pemerintah Hemat Belanja Rp247,1 Triliun

Diposting pada

Pemerintah berhasil menghemat anggaran belanja modal dan aset sebesar USD 17 miliar atau setara dengan Rp 247,1 triliun (kurs Rp14.537 per dolar AS). Penghematan tersebut merupakan total belanja modal (Capex) dan biaya operasional (Opex) sebesar Rp 1.300 triliun pada tahun 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, penghematan modal dan Opex terjadi pada produk dalam negeri, termasuk teknologi.

“Saya mau informasikan, dari hasil pantauan kami, ada belanja modal atas aset Rp 1.300 triliun, dari situ ada inventori yang bisa menghemat $ 17 miliar,” kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Sabtu (7/9). 7/9). 4/3/2021).

Penghematan anggaran didasarkan pada dukungan produk dalam negeri, khususnya peningkatan penggunaan teknologi di sektor UMKM. Pemerintah sendiri akan memberikan stimulus bagi UMKM senilai Rp 400 miliar. Stimulus dimulai pada 20 April tahun ini.

Sedangkan pada periode Juni-Juli 2021, pemerintah kembali mengucurkan Rp 2 triliun untuk stimulus di sektor pariwisata. Terutama program Proud Tour di Indonesia.

Baca Juga :  Anggota DPRD DKI: Dana 1,1 Triliun untuk Formula E Seharusnya untuk Penanganan Covid-19

Rasio permintaan saya terus meningkat, bahkan setelah stimulus adalah 400 miliar rupee. Pada tanggal 20 bulan ini akan diluncurkan. Dan juga pada Juni-Juli nanti akan dibayarkan 2 triliun rupee untuk Proud Tour di Indonesia, ”ujarnya.

Langkah ini merupakan bagian dari implementasi National Economic Recovery (PEN) di tengah pandemi Covid-19. Luhur mengatakan langkah tersebut merupakan sikap proaktif pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi domestik.

“Saya kira langkah pemerintah benar-benar proaktif untuk mendukung ekonomi kita lebih kuat,” ujarnya. [okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *