menko-luhut-ekonomi-digital-ri-tumbuh-2-digit-tapi-masih-kalah-dari-vietnam-xnwPdBQuEP.jpg

Menko Luhut: Ekonomi Digital RI Tumbuh 2 Digit tapi Masih Kalah dari Vietnam

Diposting pada

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, sektor ekonomi digital tumbuh subur dalam konteks pandemi virus corona (Covid-19). Namun, meski berkembang, kinerjanya masih lebih rendah dibanding Vietnam.

Menurutnya, sektor ekonomi digital di Asia Tenggara bisa tumbuh 5% pada 2020. Di mana total nilai bruto barang yaitu nilai pembelian oleh pengguna sudah mencapai 105 miliar dolar atau sekitar Rp 1.470 triliun (kurs Rp. Rp. 14.000).

“Jadi memang banyak sektor ekonomi yang berjuang untuk beradaptasi di tengah pandemi. Namun di sisi lain, sektor ekonomi digital diuntungkan dari pergeseran ini, di Asia Tenggara ekonomi digital berkembang dengan nilai komoditas bruto $ 105. miliar, naik 5% selama pandemi, “katanya. dalam webinar online Bukalapak, Senin (3/8/2021).

Kemudian, kata dia, ekonomi digital Indonesia tumbuh dua digit atau sekitar 11%. Namun, pertumbuhan tersebut masih lebih rendah dari Vietnam yang ekonomi digitalnya telah tumbuh sebesar 16%.

“Ekonomi digital kita (Indonesia) berkembang pesat. Bahkan sampai dua digit, 11%, di atas Singapura dan Malaysia. Tapi masih 16% lebih kecil dari Vietnam,” ucapnya.

Baca Juga :  Yahya Waloni Doakan Megawati Cepat Mati, Warganet: Setan Berjubah Agama!

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan transformasi digital menjadi kunci bertahan di era pandemi ini. Ia ingin pandemi ini digunakan sebagai mesin penggerak transformasi digital di Indonesia.

“Kita juga perlu memanfaatkan momentum pandemi ini untuk mempercepat transformasi digital. Mulai dari pemerintahan digital, ekonomi digital, masyarakat digital, dan infrastruktur digital,” ujarnya di acara Devcon21.[okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *