Connect with us

Bisnis

Menkop UKM: Siapa Saja Presiden Terpilih Perhatikan UMKM

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berharap presiden yang terpilih nanti lebih memperhatikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, UMKM menjadi salah satu tonggak perekonomian dalam menyediakan 97% lapangan pekerjaan.

Teten menilai UMKM dapat menyetarakan perekonomian rakyat. Untuk itu, menjadi sangat penting adanya komitmen dari calon pemimpin.

“Kita berharap pemerintah yang akan datang atau di dalam kontestasi menuju pemerintahan yang akan datang, UMKM mestinya mendapatkan perhatian daripada calon presiden,” kata Teten.

Teten menjelaskan saat ini UMKM masih mengalami sejumlah tantangan, salah satunya dengan pembiayaan. UMKM justru jarang menerima kredit dari perbankan.

Advertisement

Kondisi ini membuat UMKM beralih dengan meminjam ke rentenir. Selain itu, masalah UMKM sulit mendapatkan pinjaman terkait agunan.

“Faktor terutama (sulit dapat pinjaman) karena agunan. UMKM soal bunga itu tidak masalah yang penting mudah (dapat pinjaman). Mereka pindah ke fintech (hasilnya) tinggi, ke rentenir tinggi. (Menurut mereka) tidak masalah yang penting sekarang kemudahannya,” jelasnya.

Source: Detikcom
Dok: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (Foto: lensapost)

Advertisement
See also  Ini Alasan Masyarakat Indonesia Suka Belanja Online di Shopee
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *