Connect with us

Edukasi

Menkumham: Seluruh Siswa Menengah Atas Harus Memiliki Jiwa Integritas Dalam Organisasi

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Prof. Yasonna H. Laoly mengajak seluruh siswa sekolah menengah atas (SMA) untuk memiliki integritas dalam berorganisasi sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Pernyataan ini disampaikan Yasonna saat menghadiri Forum Antar Organisasi Siswa Intra Sekolah (Foransis) 2023 yang diselenggarakan oleh OSIS SMA Labschool, Kebayoran, Jakarta Selatan.

“Dalam situasi genting, sikap yang harus dimiliki ketika bekerja, yaitu kecerdasan, energi untuk memecahkan masalah, dan integritas. Integritas adalah yang utama, di antara ketiganya, dan sukses itu datang dari kegigihan dan ketangguhan, maka jika mengalami kegagalan, harus selalu bangkit dan pantang menyerah,” kata Yasonna dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Ia juga menekankan pentingnya memiliki kemampuan agar mampu bersaing dan berkompetisi di masa depan.

Advertisement

“Kemampuan dalam berkompetisi menjadi penting, karena seorang pemimpin dituntut memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat,” ujar dia.

Foransis 2023 juga menyelenggarakan diskusi kelompok terpumpun yang mengasah kemampuan menyelesaikan masalah suatu individu dalam berorganisasi. Terdapat perwakilan OSIS dari 18 sekolah yang menghadiri acara ini.

Forum ini menjadi penting untuk membahas berbagai persoalan yang terkait dengan dunia pendidikan, khususnya di kalangan siswa/siswi SMA, sekaligus menjadi jembatan untuk mempererat kolaborasi dan peningkatan kualitas OSIS antarsekolah.

Dalam forum ini, para siswa juga dapat menyampaikan ide, saran, dan kritik terhadap kebijakan sekolah. Mereka juga dapat menyampaikan masalah-masalah yang dihadapi di sekolah dan mencari solusinya bersama-sama.

Selain itu, para siswa juga belajar tentang cara berbicara di depan umum hingga cara memimpin rapat. Kegiatan forum OSIS juga mempersiapkan anak didik untuk menjadi pemimpin yang baik di masa depan.

Advertisement

Source: antaranews
Foto: Kemenkumham

See also  Deepfake dan Cara Mendeteksinya

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *