Menlu-Iran-Minta-Sejawatnya-di-AS-Belajar-dari-Kegagalan-Trump.jpg
Berita

Menlu Iran Minta Sejawatnya di AS Belajar dari Kegagalan Trump

Teheran, Warta Batavia –  Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif Zarif menyerukan kepada mitranya di Amerika Serikat (AS), Anthony Blinken, agar mengambil pelajaran dan tak melupakan “kegagalan maksimum Trump” dalam melancarkan “tekanan maksium” terhadap Iran.

“Cek realitas untuk @SecBlinken: AS melanggar JCPOA, memblokir makanan/obat-obatan untuk orang Iran, menghukum kepatuhan pada UNSCR 2231. Selama kekacauan kotor itu, Iran mematuhi JCPOA, hanya mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperkirakan,” ungkap Zarif di halaman Twitter-nya, Kamis (28/1).

Zarif lantas menyoal, “Sekarang siapa yang harus mengambil langkah pertama?”

“Jangan pernah melupakan kegagalan maksimum Trump,” lanjutnya.

Sebelumnya,  Anthony Blinken membuat pernyataan mengenai kebijakan Presiden AS Joe Biden terhadap Iran yang dinilainya sudah jelas.

“Berkenaan dengan Iran, Presiden Biden dengan sangat jelas mengatakan bahwa jika Iran kembali mematuhi kewajiban di bawah JCPOA, Amerika Serikat akan melakukan hal yang sama,” ujar Blinken.

“Dan kemudian kami akan menggunakan itu sebagai platform bersama sekutu dan mitra kami untuk membangun apa yang kami sebut perjanjian yang lebih lama dan lebih kuat, dan untuk menangani masalah lain yang sangat bermasalah dalam hubungan dengan Iran,” tambahnya.

Baca Juga :  Kenapa Saudi dan UEA Ingin Mempertahankan Permusuhan Iran vs AS?

AS di masa pemerintahan Trump pada tahun 2018 menarik diri secara sepihak dari perjanjian nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) yang diteken pada tahun 2015, dan kemudian memulai kampanye “Tekanan Maksimum” dengan menerapkan sanksi ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Iran.

Menanggapi pengkhianatan itu, Iran secara bertahap mengurangi komitmennya terhadap JCPOA, dan menyatakan bersedia memulihkan komitmen itu jika AS mencabut sanksi tersebut dan kembali ke jalur hukum. (mm/mna)

Baca juga:

Wakil Iran di PBB: Tiap Ancaman Kami Balas dengan Keras

Jenderal Iran: Hitungan Mundur Kehancuran Israel Makin Cepat Jika  Salah Perhitungan terhadap Iran

 

link sumber

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *