051849900_1615109238-KKP_IKAN_HIAS_Bogor.webp_.jpeg

Menteri KKP Resmikan Pusat Koi dan Maskoki Nusantara di Raiser Ikan Hias Bogor

Diposting pada

Mengingat tingginya minat pasar dalam dan luar negeri, produk ikan hias terus dikembangkan di Indonesia. Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat ekspor ikan hias Indonesia mencapai $ 33 juta pada 2019.

Angka ini meningkat signifikan dibandingkan tahun 2012. Saat itu, nilai ekspor ikan hias Indonesia hanya $ 21 juta. Selain itu, nilai ekspor ikan hias Indonesia tahun 2019 sebesar 10,5% dari pasar ikan hias dunia.

Artinya Indonesia tidak pernah masuk dalam 5 besar negara pengekspor ikan hias sejak tahun 2010 dan menjadi yang terbesar di dunia pada tahun 2018.

Produk ikan hias Indonesia yang akan diekspor antara lain napoleon, arwana, pacifier hias, dan ikan mas. Negara tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia adalah China, Amerika, Rusia, Kanada, dan Singapura.

Untuk menunjang ketersediaan ikan hias, Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) membangun Koi Koi dan Pusai untuk ikan mas nusantara. Sarana Pengembangan dan Pemasaran Ikan Hias yang berlokasi di Peternakan Ikan Hias Cibinong, Kabupaten Bogor ini diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono pada Minggu (3/7/2021).

Baca Juga :  Yahya Waloni Sebut Yang Bawa Islam Bukan Nabi Muhammad, Warganet: Ini Gila Permanen atau Efek Mabuk?

Menteri Trenggono mengatakan dengan mengoptimalkan potensi produksi dan ekspor ikan hias Indonesia ke pasar dunia, pengembangannya tetap perlu memperhatikan perlindungan dan konservasi. ketertelusuran, sertifikasi, registrasi dan prinsip kehati-hatian.

“Baik ekologi maupun ekonomi harus dijaga,” kata Menteri Trenggono saat berkunjung ke Pusat Ikan Koi dan Ikan Mas, Raiser Cibinong.

Pusat Pengembangan dan Pemasaran Ikan Hias – Budidaya Ikan Hias di Cibinong, Bogor, bertujuan untuk menghindari peluang dan mempromosikan pasar baru.

Fasilitas ini dibangun untuk semakin memacu dan meningkatkan pangsa pasar ikan hias Indonesia di dunia internasional. Pembudidaya ikan hias ini merupakan sarana terbesar pemerintah dalam mengembangkan dan memasarkan ikan hias.

Andalan Devisa Negara

Menteri Trenggono berharap dengan hadirnya pembudidaya ikan hias di Cibinong selain menjadi sentra pengembangan industri dan pemasaran ikan hias juga dapat meningkatkan kualitas, menjadi penyangga stok, sarana edukasi dan sentra. informasi untuk bangsa Indonesia. ikan hias.

“Harus ada kombinasi, baik itu kompetisi (ikan hias), pelatihan bahkan pengembangan. Untuk menggairahkan pariwisata juga,” terangnya.

Baca Juga :  Artidjo Alkostar di Mata Teman Kampus: Sangat Jujur dan Berintegritas Tinggi

Sementara itu, Artati Widiarti, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Hasil Laut dan Perikanan (PDSPKP), menjelaskan Indonesia memiliki 4.552 jenis ikan hias, termasuk 440 jenis endemik di seluruh Indonesia.

“Potensi sumber daya yang sangat besar merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia yang harus digunakan sebagai penggerak perekonomian nasional, sebagai penyedia lapangan kerja dan memiliki potensi yang besar sebagai sumber devisa negara,” kata Artati.

Meski begitu, saat ini pembudidaya ikan hias Indonesia umumnya masih berskala kecil. Selain itu jenis ikan, waktu pengiriman dan modal yang dimiliki cenderung terbatas.

Bersamaan dengan kualitas produk yang relatif rendah. Sedangkan bagi penangkap ikan hias endemik, kendala yang dihadapi adalah penangkapan ikan biasanya dilakukan secara musiman dan sangat tergantung pada potensi stok ikan.

Selain pembukaan Pusat Koi dan Ikan Mas Indonesia, acara ini juga dimeriahkan oleh lomba ikan hias gurame bertajuk Liga Ikan Mas Indonesia ke-4 yang diselenggarakan oleh komunitas Ikan Mas Indonesia dan di hadapan 377 peserta dari Jabodetabek.

Baca Juga :  Mahfud Md: Mereka Mengganggu Ibu Saya, Bukan Menko Polhukam

Selain itu, terdapat pameran produk kelautan dan perikanan baik olahan pangan dan nonpangan, inovasi produk BBP3KP, mobil transfer teknologi dan informasi, bimbingan teknis pengembangan usaha pelaku industri ikan hias dan perdagangan ikan hias. area penyimpanan.[liputan6.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *