ibadah2.jpg

Menurut Ibnu Athaillah, Ini Tanda Amal Ibadah Kita Diterima

Diposting pada

Muslimoderat.net – Penerimaan atau penolakan dari sebuah kultus Amalic sulit diukur. Manusia, siapapun mereka, tidak dapat membuat keputusan tentang menerima atau menolak amal seseorang atau dirinya sendiri. Tapi kita hanya bisa melihat tanda penerimaan Allah atas perbuatan kita.

Syekh Ibn Athaillah RA menyebutkan tanda-tanda penerimaan Allah SWT dalam hikmah berikut.

من وجد ثمرة عمله عاجلاً فهو دليل جود القبول

Artinya: “Barangsiapa menuai buah dari perbuatannya segera di dunia menunjukkan bahwa Allah menerima perbuatannya.”

Syekh Ahmad Zarruq menjelaskan bahwa buah zakat itu berupa manfaat religius dan manfaat duniawi. Ia secara konkrit mengatakan bahwa buah zakat pertama-tama adalah kebahagiaan hidup yang diukur dengan perasaan terbebas dari kekhawatiran dan kesedihan.

قلت مرة العمل ما ينشأ عنه من الفوائد الدينية والدنياوية. وذلك يدور ج لاثة: حصول البشارة بزوال الخوف والحزن

Artinya: “Menurut saya, buah dari sedekah adalah segala manfaat religius dan duniawi yang bersumber dari sedekah itu. Buah zakat hanya terdiri dari tiga bentuk: pertama, munculnya kebahagiaan karena lenyapnya kekhawatiran dan kesedihan ”(lihat Syekh Ahmad Zarruq, Syarhul Hikam, As-Syirkatul Qaumiyyah, 2010 M / 1431 H, halaman 80).

Baca Juga :  Erick Thohir Beberkan Peluang Dibukanya Vaksinasi Mandiri

Sheikh Zarruq mengutip Sura Yunus dalam ayat 62-64.

(62)

Artinya: “Tahukah Anda, orang-orang suci Allah tidak dicekam oleh rasa khawatir dan sedih. Mereka yang beriman dan takut akan menerima kebahagiaan di kehidupan dunia ini dan di akhirat …” (Surat Yunus ayat 62-64).

Kedua, ketenangan hidup yang ditandai dengan kenikmatan batin dan sifat qana’ah atas segala anugerah Allah.

والحياة الطيبة بالرضا والقناعة

Artinya “hidup yang baik karena hati penuh dengan kesenangan dan qana’ah”.

Sheikh Zarruq mengutip ayat 97 dari Surah An-Nahl.

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

Artinya: “Barangsiapa melakukan perbuatan baik, laki-laki atau perempuan, sedangkan dia beriman, maka kami menyalakannya dengan kehidupan yang baik” (Surat An-Nahl ayat 97).

Ketiga, pengungkapan rahasia dominasi alam semesta.

وظهور سر الخلافة بتسخير الكائنات وانفعالها ظاهرا وباطنا

Artinya: “Munculnya rahasia kekuasaan atas ketundukan dan pengaruh di alam semesta eksternal dan internal”.

Syekh Zarruq mengutip ayat 55 dari Surah An-Nur.

Baca Juga :  Alhamdulillah! Ditunjuk Sebagai Komut KAI, KH Said Aqil Siap Sedekahkan Seluruh Gajinya

وعد الله الذين آمنوا منكم وعملوا الصالح

Artinya, “Allah menjanjikan orang-orang yang beriman di tengah-tengahmu dan orang-orang yang melakukan amal shalih memiliki kekuatan di bumi sambil membuat orang memerintah di hadapan mereka, dan menegaskan agama mereka yang disenangi, dan menggantikan ketakutan mereka dengan keyakinan …,” (Surat An-Nur ayat 55).

Dengan kata lain, seseorang memegang kunci untuk mendapatkan apa yang diinginkannya di dunia. Namun di samping itu, kesenangan beribadah adalah buah dari amal.

وفى الحديث الصحيح قول ذلك الصحابي: فمنا من أينعت له ثمرته فهو يهديها, rum نا من مات فمنا مان أينعت لهههمرت وميب الحياة حلاوة الطاعة, فمن ثم يصح كونها ثمرة لا من حيث ذ uesday فتدبر ذلك, وبالله التوفيق.

Artinya: “Dalam hadits Shahih seorang sahabat Nabi bersabda,“ Sebagian dari kita sudah “buah” yang masak, maka Allah akan memberi pahala kepada mereka. Namun sebagian dari kami meninggal dan belum sempat mencicipi buah perbuatan mereka, salah satunya Mush’ab bin Umair RA. Salah satu bentuk ketenangan dalam hidup adalah merasakan nikmatnya aktivitas ibadah. Dari sini dapat dipahami bahwa kelezatan kegiatan ibadah itu sendiri dapat diartikan sebagai wujud sedekah, bukan sekedar kegiatan itu sendiri ”(Lihat Syekh Ahmad Zarruq, Syarhul Hikam, As-Syirkatul Qaumiyyah, 2010 M / 1431 H, hal. 80-81). Allah Maha Tahu. (Alhafiz K)

Baca Juga :  Diplomat Israel Ungkap Kemungkinan Pemulihan Hubungan Tel Aviv-Ankara

Sumber; Warta Batavia

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *