Mudik Pinter Bener, Sulap Budget Bayar Tol untuk Wisata - Warta Batavia

Mudik Pinter Bener, Sulap Budget Bayar Tol untuk Wisata – Warta Batavia

Diposting pada

BANDUNG – Perjalanan mudik Jakarta – Bandung 2019 via Jonggol lebih menyenangkan bagi Famili. Perjalanan di pagi hari dapat gantikan rasa was-was terkena macet parah di seputar tol Jakarta – Cikarang – Cikampek dengan keceriaan bersama-sama Famili.

Musim libur Lebaran 2019 sudah mendekati akhir, puncak arus baliknya diperkirakan hari ini dan besok (minggu, 8 Juni 2019). Ruas tol Jakarta – Cikampek tentunya akan kebanjiran mobil, diantisipasi oleh Pemerintah dengan menerapkan 1 arah baik pada arus mudik juga arus balik serta ditunaikan pada jam-jam tertentu.

Jalur alternatif ialah bagian jalan keluar agar Anda terhindar dari kondisi di atas yang sepertinya tidak menentu. Dan untuk ke Bandung dari Jakarta juga sebaliknya pada H+3 serta H+4 Lebaran 2019, Berita Teranyar mencoba melakukan perjalanan melewati Jonggol – Cariu – Ciranjang (Cianjur) – Padalarang – Bandung mempergunakan Mitsubishi Xpander.

Sepertinya Anda tidak asing menguping Jonggol ke Bandung dan mungkin sudah pernah melewatinya. Jalur ini sempat populer beberapa tahun lalu, tapi banyak terlupakan semenjak Tol Cipularang beroperasi.   

Jalur ini kian dihindari karena beberapa informasi yang beredar, mulai jalannya rusak, sering macet dan juga sempat Ada kejadian putusnya jembatan Cipamingkis – Jonggol. Pada perjalanan PP kali ini, Berita Teranyar memutuskan untuk start sehabis Sholat Subuh.

Secara umum kontur jalan termasuk baik meski Anda akan menemui beberapa titik jalan berlubang atau bergelombang. Dan bukan problem artinya jika mempergunakan mobil berground clearence cukup tinggi seperti Xpander.

Memulai perjalanan di pagi hari tentunya mempunyai bermacam keuntungan seperti jalur jalan yang belum keterlaluan padat. Pada kondisi ini, perjalanan dari Cibubur ke Jonggol dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam dengan rata-rata kecepatan 40 – 50 km/jam. 

Di samping itu Anda juga akan disambut dengan udara yang fresh dan juga pemandangan hamparan sawah menghijau plus gugusan bukit-bukit. Kondisi ini tentunya menyenangkan untuk Famili Anda.

Jika Anda dan Famili butuh sarapan pagi murah-meriah, sejauh perjalanan banyak yang menjajakan bubur ayam khas Cianjur. Anda cuma Penting memilih posisi pedagang yang mempunyai tempat bersih dan mudah untuk parkir. 


Bagian tempat menarik yang di lalui dalam jalur ini ialah tempat wisata Famili sederhana dan murah meriah ialah penangkaran rusa bernama Taman Rusa Girijaya. Tempat ini terletak di sebelah kiri jalan (dari Jakarta) tepatnya di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor serta buka mulai jam 07.00 sampai 17.00.

Ingat, jalan ke tempat ini cukup menantang karena mesti melewati tanjakan dan turunan terjal dengan kondisi jalan berbatu. Anda mungkin akan kerepotan jika mempergunakan kategori kendaraan sedan dan sejenisnya, tapi ini bukan problem artinya buat Xpander.


Kombinasi mesin 4A91 bertenaga 104 hp di 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada putaran 4.000 rpm dengan transmisi otomatis 4-speed milik Xpander dapat mudah menaklukkannya. Yang Penting Anda lakukan cuma menjaga putaran rpm agar dapat smooth melewati jalan berbatu cukup licin, karena jika asal menginjak gas ban akan kehilangan traksi dan kemudian spin.


Tiket masuk penangkaran rusa dapat ditembus dengan harga Rp 20 ribu plus parkir Rp 10 ribu dan Rp 10 ribu untuk wortel pakan rusa. Pemandangan pada tempat ini juga cukup menarik, selain dapat memberikan langsung makanan ke rusa-rusa yang cukup jinak, anak kecil juga memperoleh pengalaman baru seperti melewati jembatan gantung pas di atas sungai Cibe’el.


Puas bercengkrama dengan Famili, perjalanan pun dapat dilanjutkan kembali ke Bandung melewati jalur nostalgia Ciranjang – Padalarang. Bagi Anda yang lahir tahun 50 – 60 – 70 – 80an dan sering bolak-balik Jakarta – Bandung, ini Ialah jalur favorit sesudah melewati wilayah ujung tertinggi.

Dan kebetulan sebelum tengah hari, jalur ini termasuk sepi, Bandung dapat digapai dalam waktu 1 – 1.5 jam. Bocah kecil juga dapat langsung melepas lelah di dalam mobil seperti pada Xpander yang mempunyai kabin cukup luas dan nyaman.


Kecuali penangkaran rusa, ada pula obyek wisata Waduk Jangari di wilayah Ciranjang. Anda dapat mengajak Famili untuk naik perahu mengitari waduk. Detail ongkos wisata di sana juga termasuk terjangkau.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk melewati jalur Jakarta – Bandung via Jonggol ?. Jika belum pernah ada baiknya untuk mencobanya dan anjuran Berita Teranyar ialah berangkat pagi hari selepas Subuh baik pulang maupun berangkat.

Jalur ini juga layak untuk dilewati waktu hari biasa selepas musim mudik. Dengan ini Anda dapat terlepas dari mimpi buruk terjebak macet di Tol Cikampek. Dan keuntungan lainnya, budget tol Rp 61.500 sampai pintu tol Pasteur Pulang Berangkat dapat Anda alokasikan untuk wisata sederhana seperti tersebut di atas. Selamat mencoba. [Ari]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *