MUI Tolak Sertifikasi Penceramah, Gus Ishom Sentil MUI

MUI Tolak Sertifikasi Penceramah, Gus Ishom Sentil MUI

Diposting pada
Read Time:1 Minute, 9 Second

MUI Tolak Sertifikasi Penceramah, Gus Ishom Sentil MUI

Penolakan MUI terhadap sertifikasi penceramah mendapat komentar dari KH Ahmad Ishomudin (Gus Ishom). Gus Ishom menyebut MUI hanya berani memberikan sertifikasi halal untuk kulkas, namun menolak rencana Kemenag soal sertifikasi penceramah.

“MUI berani memberi sertifikasi halal untuk kulkas, giliran ada ide perlu sertifikasi ulama, ada banyak orang MUI yang ketakutan dan paling dulu menolak”, tulis Gus Ishom di akun facebooknya.

Postingan Gus Ishom mendapat banyak komentar dari warganet.

“Kan tidak lucu kalau salah seorang Pengurusnya, apalagi yang di Pusat, ada yang tidak lolos sertifikasi…misalnya gak bisa nasrif كفّر”, ujar Muzammal Noer

“Artinya mereka sndiri sbenarnya tdk yakin dg keulamaannya”, tambah Imamul Muttaqin

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengungkapkan ketidaksetujuan terkait rencana sertifikasi penceramah yang akan dilakukan Kementerian Agama (Kemenag).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, KH Cholil Nafis mengatakan jika penceramah tersertifikasi, maka harus ada pembayaran atau biaya yang dikeluarkan. Hal tersebut sama seperti guru sertifikasi.

“Dan APBN tak sanggup membayar penceramah,” kata Cholil Nafis dikutip dari Republika.co.id, Kamis 3 September 2020.

Cholis Nafis menambahkan, untuk penceramah sebaiknya diserahkan ke masyarakat. Masyarakatlah yang mengundang, menyiapkan acara, dan berbagai hal lain.

“Karena memang bukan penceramah pemerintah,” lanjut dia.

Wacana sertifikasi ini pertama muncul dari Menteri Agama, Fachrul Razi. Hal itu disampaikannya saat webinar ‘Strategi Menangkal Radikalisme Pada Aparatur Sipil Negara’ di kanal Youtube Kemenpan RB.

Gambar Gravatar
Dengan semnat cinta sesama, kami menyampaikan aspirasi masyarakat terkait semua peristiwa, ide-ide, ajakan, himbauan, keluh kesah, seruan kebaikan, info penting terkait apapun dan berbagi berita terkini.

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *