mendikbud-ristek-nadiem-makarim-foto-andhika-prasetiadetikcom_169.jpeg

Nadiem Makarim: Riset dan Teknologi Dekat di Hati Saya

Diposting pada
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim Foto Andhika Prasetiadetikcom 169 Nadiem Makarim: Riset dan teknologi dekat dengan hati saya

Nadiem Makarim resmi dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek). Nadiem mengatakan riset dan teknologi sangat dekat dengan hatinya.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo atas kepercayaannya memberikan amanah kepada saya untuk memimpin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek. Ristek adalah sesuatu yang sangat dekat dengan hati saya,” ujarnya. Nadiem usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Nadiem mengungkapkan, sebelum bertugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ia pernah menekuni riset dan teknologi. Harapan juga tinggi untuk peningkatan kualitas dan inovasi perguruan tinggi di Indonesia, khususnya di bidang riset dan teknologi.

“Sekarang kami tahu bahwa kami juga akan menjadi mitra BRIN dan kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Pak Handoko selaku presiden BRIN. Kami sangat menginginkan satu sama lain, meskipun tridarma dan penelitian universitas berada di bawah Kementerian Pendidikan. Dan Kebudayaan, riset dan teknologi, kami ingin mahasiswa kami, mahasiswa kami dan para guru kami melakukan penelitian dan melaksanakan program-program seperti Kampus Merdeka, ”jelasnya.

Baca Juga :  Harga Cabai Masih Tinggi, Kementan Tegaskan Tak Ada Impor

Menurut Nadiem, merger antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Riset dan Teknologi juga merupakan kabar baik bagi universitas. Pasalnya, dengan penggabungan ini, koordinasi penelitian dan transformasi pendidikan antara universitas dan pemerintah pusat bisa melalui satu pintu.

“Karena sekarang dalam hal penelitian dan transformasi pendidikan ada kementerian, jadi lebih mudah ada pintu dan rektornya berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Jadi terima kasih banyak atas amanah ini dan saya akan melakukan yang terbaik, ”kata Nadiem.

Dan ini adalah area yang sangat dekat dengan hati saya, seperti yang saya katakan dari bidang teknologi sebelumnya. Jadi ini tantangan definitif baru dan kami pasti akan menjalankan amanah ini dengan baik dan dengan hati nurani yang tulus, ”sambung mantan bos itu. . Gojek.

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional yang baru, Laksana Tri Handoko mengaku ingin segera menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang lebih baik di Indonesia. Menurutnya, BRIN didaulat menjadi penghasil riset dan inovasi, serta menjadi fasilitator bagi masyarakat di luar Badan Riset dan Inovasi Nasional, termasuk perguruan tinggi dan industri.

Baca Juga :  Apakah Arwah Orang Yang Wafat Dapat Berjumpa dengan Arwah Orang Hidup?

“Kami pasti akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Teknologi dan Kementerian Investasi karena kami juga bertujuan untuk bisa mendapatkan investasi terkait iptek,” kata Laksana. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *