Anies-b.jpg

Naikkan Batas Gaji Beli Rumah DP Rp0 Jadi 14 Jt, Anies Persulit Warga DKI Miliki Hunian?

Diposting pada
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Pemprov DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta telah menaikkan batasan pendapatan atau gaji bagi warga yang ingin membeli rumah dengan uang muka (DP) atau uang muka nol rupee.

Batas ini meningkat menjadi Rp. 14,8 juta mulai Rp. 7 juta. Keputusan ini mengubah perhitungan Administrasi Pusat Lampiran II menjadi Peraturan Menteri PUPR n. 10 / PRT / M / 2019 tentang kriteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan persyaratan kemudahan membeli rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Patut diketahui, DP Rp 0, khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah di DKI Jakarta, merupakan salah satu janji politik Anies saat Pilkada DKI 2017. Saat ini sudah ada 3 rumah yang disewakan DP Rp 0, berupa apartemen yang dibangun bekerja sama dengan entitas swasta.

Dengan kenaikan batas pendapatan yang semakin tinggi bagi warga yang membeli rumah dengan PD Rp.0, kemungkinan mencicil akan semakin besar. Dengan begitu, harga unit rumah yang bisa dibeli penghuni juga bisa lebih tinggi.

Analis kebijakan perkotaan Azas Tigor Nainggolan mempertanyakan hal ini. Tigor menemukan pendapatan bulanan warga sebesar Rp. 14,8 juta tidak diklasifikasikan sebagai miskin atau berpenghasilan rendah.

Baca Juga :  Bela Risma, Politikus PDIP Balas ‘Sentil’ Hidayat Nur Wahid soal Nasi Bungkus

Laki-laki miskin mana yang berpenghasilan minimal Rp 14 juta? Tekad dan pikiran Anies Baswedan itu aneh, ”kata Tigor dalam keterangannya, Selasa, 16 Maret 2018.

(Warta Batavia)

Naikkan batas gaji untuk membeli rumah dari Rp 0 menjadi 14 juta, Anies Sulitkah warga DKI memiliki tempat tinggal?

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *