Nilai-Pancasila-Merupakan-Kekuatan-Melawan-Radikalisme.jpg

Nilai Pancasila Adalah Kekuatan Bangsa Lawan Radikalisme

Diposting pada

Nilai Pancasila Merupakan Kekuatan Bangsa Melawan Radikalisme

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah kekuatan yang bisa digunakan bangsa Indonesia untuk melawan propaganda radikalisme. Supaya bisa menjadi kekuatan, maka seluruh sila-sila dalam Pancasila seharusnya dipahami maknanya oleh segenap warga Indonesia. Dengan pemahaman yang benar maka dalam diri masing-masing individu masyarakat punya penangkal terhadap upaya-upaya infiltrasi berbagai paham radikal yang membahayakan persatuan bangsa dan keutuhan NKRI.

Harus disadari bersama bahwa Indonesia saat ini masih menghadapi tantangan dari rongrongan paham radikalisme yang jika terus dibiarkan akan mengancam kedaulatan negara. Memang benar bahwa radikalisme tidak mengakar sebagai karakter bangsa Indonesia, tetapi ia terus menyusup dan menyebar ke berbagai lini kehidupan bangsa. Diperlukan peran dari seluruh komponen masyarakat warga negara untuk bersama-sama melawan paham radikalisme sebagai bentuk bela negara.

Bela negara saat ini perlu dipahami secara komprehensif, intinya bahwa bela negara memiliki arti yang luas. Karena tentunya bukan hanya militer yang terlibat, tetapi seluruh komponen bangsa harus dan wajib untuk ikut serta dalam mengatasi masalah bangsa.

Baca Juga :  Mahfud MD Kunjungi Kopassus Akan Libatkan TNI Tangani Terorisme

Bela negara memiliki dimensi bermacam-macam, misalnya dari segi keamanan, yang mana keamanan ini sudah bergeser. Kalau dulu ancaman tradisional, yang berkaitan dengan kedaulatan adalah tugas militer untuk mengatasinya. Tetapi sekarang ini ancaman terhadap negara sudah bergeser ke non-tradisional, seperti radikalisme dan terorisme. Bahkan juga ada ancaman narkoba, penyelundupan, illegal logging, dan pencurian ikan, yang mana itu semua adalah ancaman-ancaman terhadap aset negara.

Untuk melakukan bela negara dari ancaman-ancaman tersebut, kita harus memahami dulu tentang negara kita ini, tentang ideologi bangsa ini, yaitu Pancasila untuk kemudian dengan pemahaman yang benar menjadi kekuatan melawan ancaman-ancaman tersebut, termasuk ancaman radikalisme.

Paham Radikalisme itu adalah ancaman terhadap ideologi bangsa, karena itu ada kaitannya dengan faktor Kebhinnekaan, toleransi dan harmoni. Dengan kita memahami Pancasila dan melakukan bela negara di mana kita punya rasa memiliki, maka bela negara ini bentuknya adalah melawan radikalisme itu dalam segala dimensinya seperti intoleransi dan terorisme.

Selama ini bela negara sering dipahami secara militeristik. Padahal melawan ancaman radikalisme dalam konteks zaman sekarang adalah bentuk bela negara yang urgen. Karena itulah kita harus bisa memahami nila-nilai Pancasila secara benar. Penanaman kembali nilai-nilai Pancasila di masyarakat, sehingga masyarakat mampu memahami nilai-nilai Pancasila menjadi sangat penting. Dengan memahami nilai-nila Pancasila akan menjadi kekuatan melawan radikalisme. (by-Ummatina)

Baca Juga :  Prajurit TNI Cegat Tank Israel Jadi Perbincangan Dunia

Nilai Pancasila Adalah Kekuatan Bangsa Lawan Radikalisme

Nilai Pancasila Adalah Kekuatan Bangsa Lawan Radikalisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *