Palestina kuatir aneksasi Israel akan kian membatasi akses Laut Mati

Palestina-khawatir-aneksasi-Israel-akan-semakin-membatasi-akses-Laut-Mati.jpg
Views: 374
Read Time:1 Minute, 32 Second

Palestina kuatir aneksasi Israel akan kian membatasi akses Laut Mati

2 Views


Read Time:1 Minute, 23 Second

LAUT MATI , Tepi Barat: Palestina kuatir akses terbatas mereka ke perairan asin Laut Mati dan pantai-pantainya yang kaya mineral dapat terpotong lebih jauh kalau Israel mencaplok tanah di Tepi Barat yang diduduki.

Israel, menyebut sokongan dari Presiden AS Donald Trump, sudah merilis planning untuk memperluas kekuasaan atas bagian-bagian Tepi Barat – termasuk Lembah Jordan, yang sebagian berbatasan dengan Laut Mati. Palestina sudah menyuarakan kemarahan atas proposal tersebut.

Laut Mati ialah maksud wisata populer di mana para perenang mengapung di perairan hipersalin dan mempergunakan lumpur kaya nutrisi di kulit mereka. Tepiannya berbatasan dengan Israel, Yordania, dan Tepi Barat.

“Tempat ini ialah berkah bagi seluruh masyarakat Palestina, tetapi kalau akan ada aneksasi maka akan sulit bagi mereka untuk mencapai tempat di sini. Mereka mungkin Penting izin,” kata Musa Farah, seorang penjaga pantai di bagian resor kecil yang dikelola Israel yang menghiasi pantai Tepi Barat Laut Mati.

READ  Tetap Waspada Kepada Perekrutan Teroris Melalui Jejaring Offline

Bahkan beberapa pemilik resor Israel – yang didirikan sesudah Israel merebut Tepi Barat pada perang Timur Tengah 1967 – kuatir mereka dapat kehilangan kastemer di bawah planning aneksasi.

“Bisnis saya akan amat terpengaruh,” kata Dina Dagan, pemilik Resor Desa Biankini.“ Pemerintah Israel mesti tahu bahwa bisnis saya tergantung pada orang Palestina yang mengunjungi ke sini. Tempat ini terbuka untuk orang Yahudi dan Arab.”

Selama perbincangan damai – terhenti semenjak 2014 – Palestina sudah berusaha untuk memperoleh kendali atas sebagian dari garis pantai Laut Mati dan mendirikan tempat peristirahatan, yang mereka lihat selaku kemungkinan keuntungan bagi ekonomi mereka.

Palestina sudah lama meminta negara bagian di Tepi Barat dan Gaza, dengan Yerusalem Timur selaku ibukotanya.

Sebagian besar negara-negara di dunia melihat permukiman Israel di wilayah pendudukan selaku tidak resmi. Israel Tidak mau ini. qa/ummatina/arabnews)

Palestina khawatir aneksasi Israel akan semakin membatasi akses Laut Mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *