Pandemi Corona, Hitungan total Famili Amat Miskin di Jakarta Meningkat Tajam – Aspiratif News

Views: 19
Read Time:1 Minute, 48 Second

Pandemi Corona, Hitungan total Famili Amat Miskin di Jakarta Meningkat Tajam – Aspiratif News

Sumber: portonews.com

Jakarta, Aspiratif News— Gabungan Pemantau Bansos Jakarta menerangkan hitungan total Kepala Famili (KK) di Jakarta yang masuk kategori Famili Amat Miskin (KSM) meningkat. Hal ini berdasar survei yang Dilakukan untuk 3.958 responden di 94 kelurahan di Jakarta.

“Jadi berdasar pendataan kami, kami menemukan peningkatan kondisi kemiskinan yang cukup ekstrem,” kata Dika Moehammad, anggota Gabungan Pemantau Bansos Jakarta, Jumat (26/6).

Dika menyebutkan, sebanyak 73 % responden teridentifikasi sebagai masarakat amat miskin. Dari data yang dihimpun, peningkatakan masarakat amat miskin ini terjadi akibat pandemi corona di Jakarta.

Baca: Mahfud MD: Pemerintah Jadikan Covid-19 Fokus Utama

Dia meneruskan, 92 % responden merilis tidak mempunyai aset yang dapat dipakai waktu darurat sehingga sulit bertahan dalam berhadapan dengan masa pandemi corona.

“Warga yang bergeser ke kategori amat miskin, selain faktor tidak dapat cari uang atau pendapatan meluncur turun juga dikarenakan sebagian besar mereka tidak punya aset atau tabungan,” terangnya.

Lalu, sebanyak 60 % responden merilis kehilangan pekerjaan. Cuma kisaran 30 % yang merilis masih mempunyai pekerjaan.

“Ini mempertunjukkan tingkat Famili miskin meningkat tajam,” ucapnya.

Dia menerangkan, angka peningkatan kemiskinan yang diperoleh berdasar standar garis kemiskinan di Jakarta. Dengan standar tersebut, kelompok Famili amat miskin ialah Famili dengan pengeluaran per kapita sebesar Rp 530 ribu per bulan.

Lalu, Famili miskin sebesar Rp 663 ribu per bulan, Famili nyaris miskin Rp 796 ribu per bulan, Famili rentan miskin Rp 1,06 juta per bulan dan tidak miskin Rp 1,2 juta per bulan.

“Ini berdasar indikator kemiskinan yang dipunyai oleh pemerintah,” ujarnya.

Dalam hal ini, dia meminta pemerintah agar cepat mengambil langkah untuk mengatasi kondisi waktu ini, seperti memperluas cakupan hitungan total penerima manfaat dan kategori servis, program penjagaan sosial, serta menambah alokasi anggaran program penjagaan sosial. (sh/tempo/cnnindonesia)

 

 


Pandemi Corona, Hitungan total Famili Amat Miskin di Jakarta Meningkat Tajam – Aspiratif News

READ  Pandangan Roy Suryo …. Posisi Menkominfo Yang akan Hadir - Warta Batavia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *