Connect with us

News

Panglima TNI Tegaskan Prajurit TNI Harus Netral Dalam Pemilu 2024

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan prajurit TNI harus netral dalam Pemilu 2024. Dia berharap pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Untuk TNI tetap netral, kuncinya adalah harus netral supaya pemilu ini bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata Yudo Margono seperti dilansir Antara, Senin (24/7/2023).

Yudo mengaitkan bentuk nyata netralitas prajurit TNI dalam Pemilu dengan baliho bakal calon presiden Ganjar Pranowo usungan PDIP di Kabupaten Muara Teweh, Kalimantan Tengah. Dia menyebut pencopotan baliho itu bentuk netralitas TNI dalam Pemilu.

“Saya sudah sampaikan ke seluruh jajaran, mungkin nanti semua rekan semua sudah melihat banner yang dipasang, untuk TNI tetap netral,” tutur dia.

Advertisement

Laksamana Yudo Margono sebelumnya buka suara soal pencopotan baliho Ganjar Pranowo di Muara Teweh, Barito Utara, Kalimantan Tengah, yang menjadi perbincangan. Yudo membantah narasi ada pemaksaan pencopotan dari kejadian tersebut.

Seperti diketahui, baliho Ganjar tersebut dipasang di lahan milik Kodim 1013 Muara Teweh. Karena faktor netralitas, baliho tersebut harus diturunkan.

“Jadi begini, ceritanya mungkin seolah-olah dicopot, dipaksa, jadi tidak. Sesuai yang saya sampaikan tentang netralitas TNI sudah sampaikan pada jajaran, bahkan dipasang di mana-mana, juga tidak memasang tanda-tanda di area TNI,” kata Yudo di Sesko TNI, Bandung, Senin (17/7).

Yudo juga mengungkapkan melalui Dandim 1013 Letkol Inf Edi Purwoko, baliho itu diturunkan sesuai mekanisme dan dikoordinasikan dengan pihak pemasang.

“Kemarin dari Dandim Muara Teweh, sudah dikoordinasikan dengan pemasangnya, perwakilan partai, Satpol PP juga dengan Pak Bupati (Barito Utara) sudah disampaikan, dilepas disaksikan mereka, bukan dicopot, kita tetap gunakan aturan,” ungkapnya.

Advertisement

Source: detikNews

See also  Masa Penahanan Rafel Alun Diperpanjang Oleh KPK

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *