PBB: Yaman Akan Alami Lonjakan Ketidakamanan Pangan – Aspiratif News

blank
Views: 1518
Read Time:1 Minute, 42 Second

PBB: Yaman Akan Alami Lonjakan Ketidakamanan Pangan – Aspiratif News

blank

Bocah kecil Yaman menyerahkan dokumen untuk memperebutkan makanan. (Press TV)

Sana’a, Aspiratif News–Agensi PBB mengingatkan peningkatan hitungan total masyarakat Yaman yang mengalami “ketidakamanan pangan akut” di tengah blokade gabungan Saudi dan pandemi Covid-19.

Analisis ini dirilis ke publik pada Rabu (22/7) oleh Program Pangan Dunia (WFP), Biaya Anak PBB dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Menurut laporan itu, situasi keamanan pangan di Yaman terancam oleh penurunan ekonomi, diperparah oleh blokade Saudi, pandemi Covid-19, banjir bandang, dan invasi belalang padang pasir.

Dari hasil pemeriksaan dari 133 distrik di Yaman selatan itu, diperkirakan bahwa hitungan total orang yang berhadapan dengan “ketidakamanan pangan akut” akan meningkat dari 2 juta jadi 3,2 juta dalam enam bulan ke depan.

“Penduduk Yaman sudah melalui banyak hal dengan tangguh. Akan tetapi mereka sekarang berhadapan dengan berlebihan banyak kerepotan dan ancaman sekaligus — dari COVID-19 sampai invasi belalang gurun. Petani kecil dan Famili yang Mengandalkan pada pertanian untuk mata pencaharian mereka memerlukan sokongan kami sekarang lebih dari sebelumnya,” tegas Perwakilan FAO di Yaman, Hussein Gadain.

READ  Cerita KH. Adnani Iskandar Didatangi KH Hasyim Asy'ari Waktu Mengolok-olok Gus Dur di Muktamar Cipasung

Lonjakan ketidakamanan pangan ini artinya bahwa 40 % dari populasi akan terpengaruh dari Juli sampai Desember.

“Kita mesti bertindak sekarang. Pada tahun 2019, berkat peningkatan [bantuan] besar-besaran, WFP dan para mitranya sanggup menaikkan situasi di daerah-daerah yang paling parah. Tanda-tanda warning sudah kembali dan dengan pandemi corona, situasi dapat jadi jauh lebih negatif kalau tindakan kemanusiaan ditunda,“ kata Direktur negara WFP Yaman, Laurent Bukera.

Arab Saudi menyerbu Yaman pada Maret 2015 untuk mengembalikan kekuasaan Hadi dan menghancur-leburkan gerakan Houthi Ansarullah. Agresi angkatan bersenjata tersebut sudah mematikan puluhan ribu orang Yaman dan mendukung negara itu ke krisis kelaparan. (ra/presstv)


PBB: Yaman Akan Alami Lonjakan Ketidakamanan Pangan – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *