Pembatalan Haji Perparah Kondisi Ekonomi Saudi – Aspiratif News

Views: 14
Read Time:1 Minute, 52 Second

Pembatalan Haji Perparah Kondisi Ekonomi Saudi – Aspiratif News

Makkah,Aspiratif News-Kantor berita AFP mengabarkan, sesudah Otoritas Saudi memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan haji tahun sekarang akibat Corona, tempat-tempat suci lengang, tenda-tenda jemaah haji yang telantar, hotel tanpa penghuni, kekosongan menyesakkan, dan kecemasan akan kondisi ekonomi, jadi gambaran situasi Makkah waktu ini.

Makkah, sebagai kota suci ummat Muslim, biasanya disesaki jutaan jamaah haji dari bermacam dunia pada hari-hari seperti ini. Tetapi tahun sekarang, Pemerintah Saudi melarang jemaah haji Luar negeri untuk melaksanakan kewajiban haji yang sudah diprogram di akhir Juli nanti.

Haji tamattu dan umroh secara keseluruhan menghasilkan pemasukan sebesar 14 milyar dolar untuk Makkah, yang membikin roda ekonomi di kota berpenduduk 2 juta orang ini tetap bergulir.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pusat perbelanjaan, apartemen, dan hotel-hotel mewah yang dibangun dengan pemandangan ke arah Ka’bah. Tetapi sebagian besar tempat-tempat ini jadi lengang waktu Corona menginjakkan kaki di Makkah.

READ  Sudah Dihapus, Haikal Hassan Sebar Hoax Habib Rizieq Pimpin Doa Pemakaman Mbah Moen

Kecuali memakan korban di Makkah, virus Corona juga menghantam mata pencaharian yang terkait dengan haji, mulai dari biro-biro travel sampai toko oleh-oleh.

Pembatalan haji juga mendatangkan kebangkrutan ke badan-badan penyelenggara haji di negara-negara lain.

Pada bulan Maret lalu, Otoritas Saudi menghentikan ibadah umroh, yang biasanya dapat dikerjakan kapan saja. Saudi lalu mengambil keputusan vital dengan Mengumumkan bahwa cuma kisaran seribu peziarah (yang waktu ini sudah Ada di Saudi) yang dapat melaksanakan ibadah haji tamatu’. Ini jelas cuma bagian amat kecil dari 2,5 juta jemaah haji pada tahun lalu.

Pembatalan haji menambah daftar faktor merosotnya ekonomi Saudi, selain turunnya harga minyak dan program pengetatan ekonomi akibat Corona.

Pada Rabu Minggu lalu, IMF Memperingatkan bahwa produksi nonmurni domestik Saudi turun sampai 6,8 %. Ini ialah daya-kerja ekonomi terburuk Saudi sesudah dekade 80-an. (af/alalam)

Baca Juga:

Lembaga Fatwa Mesir: Pembatasan Haji Ekstra Ketat oleh Saudi Sesuai dengan Target Syariat

Infografis: 11 Tragedi yang Ngrecoki Ibadah Haji dalam 3 Dekade

READ  Raih Pole Position ke-90, Hamilton Samai Rekor Schumacher - Aspiratif News


Pembatalan Haji Perparah Keadaan Ekonomi Saudi – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *