Pemerintah dan DPR Setuju Trisila-Ekasila Tidak Masuk RUU HIP – Aspiratif News

Views: 9
Read Time:2 Minute, 58 Second

Pemerintah dan DPR Setuju Trisila-Ekasila Tidak Masuk RUU HIP – Aspiratif News

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menerangkan pemerintah dan bermacam pemangku kepentingan lain termasuk DPR sebagai pengusul sudah menyepakati 2 substansi yang jadi kontroversi penyusunan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Salah satunya, sudah disepakati pasal Masalah Trisila dan Ekasila dalam RUU HIP untuk dihapus.

“Problem isi Pancasila yang awalnya sebenarnya pernah digagas pemerasan Pancasila jadi trisila dan ekasila yang dikemukakan Bung Karno itu sebagai sejarah yang kemudian mau dinormakan. Itu sudah diselesaikan secara substansial. Baik pemerintah maupun pengusul (RUU) itu sudah sama pandangan bahwa itu tidak dapat dimasukkan di dalam UU,” ucap Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (23/6).

Tekad bulat lainnya ialah Masalah larangan komunisme dalam Tap MPRS Nomor XXV Tahun 1966. Ketetapan itu sudah disepakati akan dimasukkan ke dalam RUU HIP. sebelum ini, soal larangan komunisme yang tidak jadi konsiderans dalam RUU HIP ini banyal memetik kritik khususnya dari organisasi keagamaan Islam.

READ  Resep Sabtu 1 Paket Nila Bakar, Ayam Goreng, Cacapan, Terong Bakar, Sambal Terasi dan Tempe Mendoan - Warta Batavia

“Problem keberlakuan Tap MPRS Nomor XXV/1966 Soal hal pembubaran PKI dan larangan penyebaran komunisme, marxisme/leninisme itu sudah diselesaikan. Artinya semua stakeholder sudah sama pandangan bahwa Tap MPRS itu berlaku,” ujar Mahfud.

Baca juga: Mahfud MD: Salah Jikalau Minta Pemerintah Mencabut RUU HIP

Mahfud menerangkan pemerintah menyerahkan nasib RUU tersebut sepenuhnya ke DPR. Lantaran RUU tersebut Ialah inisiatif DPR, Mahfud Mempublikasikan kelanjutannya Ada di tangan parlemen bukan pemerintah.

Mahfud menjelaskan dengan tegas sikap pemerintah ialah menunda perbincangan RUU HIP. Ia Mempublikasikan pemerintah meminta DPR untuk membahas ulang RUU tersebut dan menyerap aspirasi dari masarakat lebih banyak lagi.

“Saya kira kita tunggu saja perkembangannya, nanti tentu akan ada proses-proses politik lebih detail yang akan menentukan nasib RUU HIP,” ucapnya.

sebelum ini, RUU HIP yang diinisiasi parlemen itu menerima banjir kritikan. Sebagian kalangan menilai RUU tersebut akan menggerus keaslian Pancasila yang sudah disepakati pendiri bangsa.

Sebagian lagi, khususnya organisasi-organisasi Islam, menuding RUU HIP membuka jalan bagi komunisme yang sudah dicegah. Alasannya, RUU tersebut tidak memasukkan Tap MPRS soal larangan Marxisme/Komunisme. (A-2)

READ  KPAI Ingatkan Pendidikan Seks Tetap Perhatikan Kemajuan Anak

 

 


Pemerintah dan DPR Setuju Trisila-Ekasila Tidak Masuk RUU HIP – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *