Pemkab Pamekasan Siapkan Beasiswa bagi 2.000 Santri – Aspiratif News

Pemkab Pamekasan Siapkan Beasiswa bagi 2.000  Santri
Views: 1586
Read Time:1 Minute, 45 Second

Pemkab Pamekasan Siapkan Beasiswa bagi 2.000 Santri – Aspiratif News

Pamekasan, Aspiratif News

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur  terus berikhtiar memberikan servis yang prima di semua bagian, tidak terkecuali dalam bagian pendidikan. Pemerintahan yang sekarang dipimpin oleh Bupati Muda H Baddrut Tamam ini tengah mempersiapkan beasiswa bagi 2.000 santri.


Waktu ini program yang diberi nama Beasiswa Santri itu sudah masuk tahap verifikasi. Seperti yang disebutkan oleh Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkab Pamekasan,  Halifaturrahman, pihaknya tengah melakukan verifikasi lapangan yang menyasar 63 pesantren di seluruh wilayah Pamekasan.


“Tahap verifikasi ini untuk memastikan kelayakan santri yang akan menerima program beasiswa tersebut,” jelas Halifaturrahman di kantornya, Senin (13/7).


Kecuali itu, pihak Kesra tengah mempersiapkan modul panduan pemberian Beasiswa Santri. Ditegaskan dalam modul akan berisi pengembangan 3 wawasan, ialah wawasan keagamaan, kebangsaan dan kewirausahaan.


“Modulnya masih mencapai 40 % penyusunan. Jika sudah selesai nantinya akan diberikan ke para 63 pendamping pesantren yang sudah ditunjuk oleh Pemkab Pamekasan,” tambahnya.

READ  Demokrat Gabung Pemerintah, Peluang AHY Jadi Menteri Terbuka


Dalam program ini tidak semua pesantren dapat jadi mitra. Menurut Khalifaturrahman, ada kategori spesial yang jadi rujukan, termasuk salah satunya pesantren yang berstatus menengah ke bawah. Sebab selain untuk pengembangan santri, program ini diinginkan dapat memberdayakan ekonomi pesantren.


“Jadi tidak semua pesantren dapat jadi mitra dalam program ini. Sebagaimana tujuannya, juga untuk membantu menumbuhkembangkan ekonomi pesantren. Makanya dalam modul juga ada Soal hal wawasan kewirausahaan,” tegasnya.


Adanya program Beasiswa Santri ini memperoleh apresiasi dari Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pamekasan Syafiuddin. Ia menerangkan, program beasiswa seperti itu masih langka, dan Penting terus dikembangkan.


“Ini program yang luar biasa. Semoga adanya Beasiswa Santri ini dapat menaikkan kemungkinan lulusan dari pesantren, sehingga nantinya dapat bersaing di bermacam bagian kehidupan,” kata alumnus Universitas Islam Madura itu.


Ia  juga meminta semua pihak untuk ikut mengawal program tersebut agar sungguh-sungguh dinikmati manfaatnya oleh masarakat banyak, khususnya bagi santri di Kabupaten Pamekasan.

READ  Mendagri Minta Ada Simulasi Protokol Covid-19 di Sekolah – Warta Batavia


“Mari kawal bersama-sama, sampai realisasi program Beasiswa Santri ini betul-betul terasa manfaatnya,” tukasnya.


Pewarta: Sulaiman

Editor: Aryudi AR

Pemkab Pamekasan Siapkan Beasiswa bagi 2.000 Santri – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *