Pemkab Tasik Siap Anggaran Ganti Rugi Normalisasi Sungai Citanduy – Aspiratif News

Views: 10
Read Time:3 Minute, 2 Second

Pemkab Tasik Siap Anggaran Ganti Rugi Normalisasi Sungai Citanduy – Aspiratif News

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan memfasilitasi problem ganti rugi tanah milik warga untuk normalisasi Sungai Citanduy dan Cikidang, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik. Ke-2 sungai itu selalu menyebabkan banjir yang terjadi tiap-tiap hujan turun.

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto menerangkan, banjir di Desa Tanjungsari sudah jadi langganan dan selalu terjadi waktu hujan turun dengan intensitas tinggi. Tetapi, banjir itu tidak mengancam jiwa, warga sudah terbiasa dengan banjir tapi wajib tetap ditangani secara cepat agar tidak kembali lagi terjadi.

“Penanganan banjir langgaran yang terjadi di Desa Tanjungsari wajib dilakukannya dengan membikin sodetan di aliran sungai, tapi semua itu Ialah kewenangannya Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy tapi semua tidak dapat melakukannya lantaran warga yang merasa mempunyai tanah meminta ganti rugi,” katanya, Sabtu (20/6/2020).

Baca Juga: Longsor Putus Akses Jalan di Tasikmalaya

Ade menerangkan, pemerintah akan mencoba dengan memfasilitasi agar jangan sampai warga tetap mengalami kebangkrutan tapi mereka juga jangan mencari keuntungan meski ganti rugi akan diupayakan supaya semuanya lancar dan tidak ada hambatan. Banjir tersebut selama ini Ialah dampak dari luapan Sungai Citanduy dan Sungai Cikidang dan kejadian itu sudah keenam kali semenjak awal 2020.

READ  Cerita Member HTI Bentrok dengan Ortu, Akhirnya Keluar dan Masuk Lesbumi PCNU Surabaya

“Bencana di Tasikmalaya sungguh selama ini tidak cuma banjir, tapi semenjak kemarin tercatat banyaknya musibah mulai longsor yang telah menelan korban jiwa, jembatan roboh sampai lahan pertanian mengalami kerusaka. Tetapi, untuk jembatan putus Ada di Kecamatan Cikatomas sampai sekarang telah diupayakan agar masyarakat setempat kembali normal,” ujarnya.

Baca Juga: Kecuali Banjir, Wilayah Tasikmalaya Dilanda Longsor

Sementara itu, Pelaksana Teknis Operasi dan Pemeliharaan lll (OP3), BBWS Citanduy, Ijang Nurul Fuad menerangkan, pihaknya sudah semenjak tahun lalu melakukan normalisasi sungai yang menyebabkan banjir menahun di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya. Anggaran untuk melakukan normalisasi sudah disiapkan tapi masyarakat Tidak mau normalisasi tersebut.

“Mereka mau ada ganti rugi tanahnya, tapi BBWS Citanduy selama ini tidak dapat melakukan normalisasi. Karena, adanya permintaan ganti rugi jelas selama ini tidak mempunyai anggaran tetapi kami akan berusaha melakukan langkah dan duduk bareng dengan Pemkab supaya mereka tidak melakukan penolakan jika semua itu ditunaikan banjir tidak akan merendam lagi warga setempat,” paparnya. (AD/OL-10)

READ  Teks Syiir Jawa “Sing Keri Cokot Boyo” Komprehensif - Warta Batavia


Pemkab Tasik Siap Anggaran Ganti Rugi Normalisasi Sungai Citanduy – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *