FB_IMG_1616233825849.jpg

Penjajahan Budaya | The Truly Islam

Diposting pada

Bisakah satu budaya menjajah budaya lain? Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan karena setiap budaya pasti memiliki filosofi dan kearifan tersendiri yang tidak sama dan tidak dipahami oleh budaya lain.

Biarlah semua budaya dilestarikan dan terus hidup sesuai filosofi dan kearifan masing-masing tanpa ada yang berusaha mendominasi dan memaksakan kehendaknya pada budaya lain.

Sejujurnya, semua agama adalah bagian dari budaya manusia yang berkembang di planet bumi ini. Tidak ada yang baru di bawah langit ini. Semua agama juga bisa ditemukan jejak agama lain yang sudah ada. Tidak ada yang benar-benar baru dan asli.

Akan tetapi, di masa lalu, agama sering kali menjadi alat dan bagian dari strategi politik dan kontrol teritorial. Di dunia kuno, raja sering dipandang sebagai wakil dari kekuatan para dewa atau bahkan keturunan para dewa itu sendiri. Hubungan antara agama dan kekuasaan / politik berlanjut hingga hari ini.

Karena itulah saya selalu mengatakan bahwa politisasi agama adalah hal yang paling menggelikan di dunia. Radikalisme dan politik sektarian / identitas tidak masuk akal. Selama ribuan tahun jutaan nyawa telah hilang dengan sia-sia karena semua ejekan ini di mana ilusi ego dan pikiran dianggap sebagai kebenaran.

Baca Juga :  Kemenkes Jelaskan Dua Alur Pendaftaran Vaksin COVID-19 Lansia di RI

Bumi berusia 4,543 miliar tahun, dan bintang atau matahari kuning berukuran sedang masih memiliki bahan bakar nuklir selama 5 miliar tahun lagi. Dalam 5.000 – 10.000 tahun mendatang, apakah semua “dongeng besar” yang ada saat ini masih ada atau akan punah? Karena peradaban dan agama akan selalu berfluktuasi, muncul dan hilang di sepanjang perjalanan planet bumi ini.

Salam Waras

Muhammad Zazuli

Sumber: https://www.facebook.com/100000051895419/posts/4121954191149603/

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *