Perang-Yaman-Terbaru-Pasukan-Pimpinan-Saudi-Diperkuat-Al-Qaeda-di-Provinsi-Marib.jpg

Perang Yaman Teranyar, prajurit Pimpinan Saudi Diperkuat Al-Qaeda di Provinsi Ma’rib

Diposting pada

Perang Yaman Terkini, Al-Qaeda Berkoalisi dengan prajurit Pimpinan Saudi di Provinsi Ma’rib

Perang di yaman telah berlangsung selama 5 tahun, kalau dihitung semenjak 25 Maret 2015. Pada 25 Maret 2015, Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi menyelamatkan diri dari Yaman, dan gabungan pimpinan Arab Saudi melancarkan serbuan angkatan bersenjata ke Yaman untuk menyokong kubu penyokong Mansur Hadi.

Perang yang sering disebut Perang Saudara Yaman ini melibatkan power 2 faksi: Mansur Hadi memimpin pemerintah Yaman yang telah berkuasa selama 33 tahun sampai terjadinya perang, dan faksi gerakan bersenjata Houthi bersama-sama dengan para power penyokong dan sekutu mereka.

Baca juga : Di Yaman, Akibat Perang 2,4 Juta Bocah kecil Terancam Kelaparan

Baru-baru ini wakil menteri luar negeri dari Pemerintah Keamanan Nasional Yaman yang berbasis di Sana’a sudah mengingatkan, bahwa Tentara al-Qaeda sudah berkoalisi dengan prajurit bayaran yang dipimpin Saudi di provinsi Ma’rib.

“Pengerahan kembali Tentara al-Qaeda di Ma’rib ialah kekhilafan besar yang akan merugikan siapa pun dan akan menyebabkan bencana yang tidak dapat dihindari oleh pihak mana pun,” kata Hussein al-Ezzi dalam tweetnya pada hari Jumat.

Baca Juga :  Kutuk Serangan MIT di Sigi, Presiden Jokowi: Tindakan Biadab untuk Provokasi!

“[Mantan presiden Abd Rabbuh Mansur] Hadi dan [afiliasi] Partai Islah mesti meninggalkan keputusan strategi pengecut dan kategori pemikiran yang jahat,” tambahnya.

Baca juga : Pesan dari Yaman : Kalau Bendera Hitam Mulai Tersebar di Negara Anda semua, Pertanda Awal Seluruh Kekacauan

Menurut laporan media Yaman, sejumlah besar Tentara yang berafiliasi dengan al-Qaeda sudah berkoalisi dengan Tentara yang dipimpin Saudi dan pro-Hadi di Ma’rib dari bermacam provinsi waktu gabungan Saudi bersiap untuk operasi Yaman yang berusaha membebaskan wilayah strategis. (BP/PressTV/AlJazeera)

Perang Yaman Teranyar, prajurit Pimpinan Saudi Diperkuat Al-Qaeda di Provinsi Ma’rib

Perang Yaman Teranyar, prajurit Pimpinan Saudi Diperkuat Al-Qaeda di Provinsi Ma’rib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *