Perpres Hak Anak Saksi & Korban Terbit, LPSK Siap Jalankan Mandat – Aspiratif News

Perpres Hak Anak Saksi & Korban Terbit, LPSK Siap Jalankan Mandat - Warta Batavia
Views: 15
Read Time:3 Minute, 5 Second

Perpres Hak Anak Saksi & Korban Terbit, LPSK Siap Jalankan Mandat – Aspiratif News

LEMBAGA Penjagaan Saksi dan Korban (LPSK) menyambut baik langkah pemerintah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) No 75 Tahun 2020 soal Pelaksanaan Hak Anak Korban dan Anak Saksi. Perpres ini dinilai Hadir pada waktu yang pas, di mana banyak pihak telah lama menunggu kehadirannya, termasuk LPSK.

Wakil Ketua LPSK, Livia Iskandar, menerangkan Perpres ini akan berguna bagi LPSK sebagai acuan operasional dalam memberikan jaminan hak–hak anak korban dan anak saksi yang tersangkut Perkara pidana.

Baca juga: Ibadah Haji 2020 Diikuti 1.000 orang, 13 jema’ah dari Indonesia

“Perpres ini amat membantu tugas LPSK kedepannya, kami siap laksanakan mandat Perpres ini” ucap Livia, dalam Penjelasan legal, Jakarta, Rabu, (27/7).

Menurut Livia, Perpres ini memberikan sejumlah mandat ke LPSK untuk memenuhi sejumlah servis seperti rehabilitasi medis dan sosial anak saksi dan korban, jaminan keamanan (fisik, mental dan sosial), serta kemudahan dalam memperoleh informasi Masalah Kemajuan perkara.

READ  Fraksi PKS Optimistis PSBB Tahap 3 Jadi yang Terakhir - Aspiratif News

“Kecuali itu, Perpres ini juga mengamanatkan LPSK untuk memberikan jaminan keamanan bagi anak saksi dan korban yang meliputi banyak hal, mulai dari penjagaan keamanan pribadi, Famili, dan atau harta benda, penjagaan dari ancaman yang berhubungan dengan kesaksian, kerahasiaan identitas, pengurusan identitas baru, penyediaan tempat kediaman baru, sampai pemberian nasihat hukum dan atau pendampingan bagi anak saksi dan korban,” katanya.

Livia menerangkan, Perpres ini juga dapat jadi acuan dan pijakan penting bagi LPSK untuk cepat mengembangkan kantor perwakilan daerah agar servis bagi anak saksi dan anak korban kian mudah diakses.

Dirinya menerangkan waktu ini sudah ada 2 kantor perwakilan LPSK yang siap beroperasi sesudah sempat terhambat karena wabah Covid-19, ialah di Provinsi Sumatera Utara (Kota Medan) dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kota Yogyakarta).

Ia menyebutkan, Perpres 75 tahun 2020 soal Pelaksanaan Hak Anak Korban dan Anak Saksi yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 6 Juli 2020, sesungguhnya sudah ditunggu semenjak lama.

alasannya dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 soal Sistem Peradilan Pidana Anak sungguh telah mengamanatkan Pelaksanaan Hak Anak Korban dan Anak Saksi diatur dalam sebuah Peraturan Presiden.

READ  Ma'ruf Amin: Khilafah Tidak Boleh Ada di Indonesia

“Sungguh cukup lama rentang waktunya, makanya kami amat berharap peraturan ini cepat terbit,” tukasnya. (OL-6)


Perpres Hak Anak Saksi & Korban Terbit, LPSK Siap Jalankan Mandat – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *