Connect with us

Sport

Piala Presiden Esports 2023 Berpotensi Membuka Peluang Usaha

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai Piala Presiden Esports 2023 yang resmi digelar pada Sabtu dapat mendorong terbukanya potensi-potensi peluang usaha dan lapangan kerja.

“Ini adalah event yang sudah menjadi barometer dari kemajuan esports di Indonesia. Ini bagian dari.event yang menggerakkan begitu banyak potensi-potensi terutama dalam membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Sandiaga saat dijumpai di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu.

Dengan digelarnya Piala Presiden Esports 2023, Sandiaga juga berharap semakin banyak gim lokal yang akan tercipta. Sehingga gim lokal bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Namun, Sandiaga mengatakan hal tersebut masih menjadi tantangan bagi Indonesia. Sebab, masih sedikit gim lokal yang dimainkan oleh 150 juta pemain di dalam negeri.

Advertisement

Kendati demikian, Sandiaga mengatakan dirinya yakin dengan kerjasama berbagai pihak, Indonesia mampu menciptakan gim lokal yang mendunia.

“Kita akan segera menerbitkan perpres baru untuk pengembangan industri gim ini. Karena kita ingin menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo juga menyampaikan hal senada bahwa Piala Presiden Esports merupakan tolak ukur untuk liga utama tim esports di Indonesia.

Dito juga mengatakan, esports Indonesia perlu terus dikembangkan karena memberikan dampak bukan hanya pada prestasi olahraga, melainkan berdampak pula pada karir anak muda dan industri gim lokal.

“Generasi muda kita telah menunjukkan semangat, keterampilan, dan dedikasi yang luar biasa dalam dunia esposts. Mereka telah membuktikan esports bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga bidang yang serius dan berpotensi untuk menghasilkan prestasi gemilang,” kata Dito.

Advertisement

Babak main event kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports (PPE) 2023 hari ini resmi digelar hingga esok hari pada 22 Oktober. Tahun ini, PPE 2023 mengusung tema “Esports Untuk Negeri”.

See also  Tips Mudik Aman, Nyaman, dan Tenang

Beberapa cabang game yang akan dipertandingian dalam acara tersebut mulai dari Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), MLBB Women hingga dua gim lokal yaitu Lokapala dan Battle of Guardians.

Empat tim esports profesional Mobile Legends: Bang Bang yang bertanding hari ini adalah AURA Fire, EVOS Legends, Rebellion Zion, dan Pendekar Esports. Pemenang dari babak semifinal akan melaju ke babak grand final yang berlangsung di hari kedua untuk merebut gelar juara.

Kemudian, di tahun ketiga keikutsertaan Lokapala sebagai salah satu gim lokal yang dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports, tim Mahadewa dan OPI Admirals akan bertarung.

Sementara itu, gim lokal Battle of Guardians masih menyisakan empat peserta yakni Yoking, UcupBaddman, Joddz, san Kayz yang akan bersaing.

Advertisement

Tahun ini, untuk pertama kalinya PPE 2023 juga menghadirkan kejuaraan khusus perempuan melalui cabang gim Mobile Legends: Bang Bang Women. Dua tim yang akan bertanding adalah Bigetron Era dan RRQ Mika.

Source: antaranews
Dok: fajar.co.id

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *