PMII Jombang Siapkan Wifi Gratis untuk Pembelajaran Daring – Aspiratif News

PMII Jombang Siapkan Wifi Gratis untuk Pembelajaran Daring
Views: 12
Read Time:2 Minute, 27 Second

PMII Jombang Siapkan Wifi Gratis untuk Pembelajaran Daring – Aspiratif News

Jombang, Aspiratif News

Dalam praktiknya, pembelajaran melalui dalam jaringan (daring) di masa pandemi Covid-19 ternyata berjalan kurang efektif. alasannya, ada konsekuensi pada pemenuhan Sarana yang memadai bagi siswa-siswi atau orang tuanya di tengah sulitnya memperoleh akses ekonomi. Misalnya, siswa mesti mempunyai akses kuota mencukupi, mempunyai gawai yang menyokong, dan dipastikan Ada di wilayah yang ‘sensitif’ ke jaringan internet.


“Karena itu kami tergerak untuk menyediakan servis pemakaian wifi secara gratis di rumah pergerakan kami,” kata Ketua Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Maha siswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, M Irkham Thamrin ke Aspiratif News, Selasa (28/7).


Servis pemanfaatan wifi gratis tersebut telah diawali dalam Minggu terakhir ini. “Jikalau teknis untuk belajar mempergunakan wifi gratis ini nantinya tiap-tiap warga atau anak didik yang mau akses jaringan dapat hubungi pengurus cabang,” imbuhnya.


Ia mengungkapkan, dalam waktu terakhir dirinya memperoleh aduan dari beberapa warga terkait masalah-masalah yang dihadapi selama proses pembelajaran siswa dikerjakan secara daring. sebagian besar permasalahannya ialah ada pada pemenuhan media penyokong pembelajaran daring. Dalam hal ini tidak saja problem jaringan internet, tetapi juga ada siswa atau orang tuanya yang tidak mempunyai telpon pintar.

READ  Eks Menteri Israel: Bahkan AS pun Tidak Izinkan Aneksasi - Aspiratif News


“Berawal dari adanya aduan dari Jiran kisaran kantor terkait sulitnya pembelajaraan online dan kurang efektifnya belajar secara daring,” jelasnya.


Untuknya, pendidikan ialah kebutuhan paling Utama yang mesti dipenuhi oleh tiap-tiap manusia untuk dapat menatap masa depan. Dalam hal ini, lembaga pendidikan baik formal ataupun non-formal jadi harapan orang tua untuk anaknya. Para orang tua berkeinginan anaknya sanggup meraih ilmu pengetahuan, etika, moral, dan lain sebagainya.


Karena itu, jelas Irkham, pemerintah dan stakeholder (pemangku keputusan taktik) pendidikan lainnya butuh pertimbangan-pertimbangan yang matang dalam memberikan kebijakan-kebijakan kaitannya dengan sistem pendidikan, manajemen pendidikan, sampai pada proses aktifitas belajar mengajar yang efektif untuk para peserta didiknya.


Menurut Irkham, pada situasi seperti sekarang ini proses pembelajaran tidak dapat disamaratakan melalui daring, mengingat fakta di lapangan tidak semua siswa atau orang tuanya mempunyai alat penyokong ke proses pembelajaran model online itu.


Berdasar pada situasi seperti ini, pemerintah khususnya di Jombang hendaknya mencari jalan alternatif the best untuk menjawab permasalahan-permasalahan pendidikan yang terjadi di tengah penduduk.

READ  Selama Pandemi, Izin Cuti ASN Dibatasi - Aspiratif News


“Kami berkeinginan cepat membikin rekayasa terkait pembelajaran secara offline. Jangan sampai ada ketimpangan generasi akibat keputusan taktik pendidikan yang kurang diperhatikan,” ungkapnya.


Ia membeberkan, PC PMII di Kota Santri ini tengah berusaha memetakan permasalahan pendidikan di Jombang di tengah pandemi Covid-19 melalui survei yang dibuat. Sampai Waktu ini diakuinya pengurus PMII masih mematangkan teknis survei waktu di lapangan. Secara umum sampel survei akan diambilkan dari beberapa siswa dan orang tua yang sulit memperoleh akses media pembelajaran daring.


“Kita dialog soal pendidikan dengan aktivis pendidikan dan penduduk umum. Nanti kita ambil sampel sebelum lalu disebar ke penduduk,” pungkasnya.


Pewarta: Syamsul Arifin

Editor: Muhammad Faizin

PMII Jombang Siapkan Wifi Gratis untuk Pembelajaran Daring – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *