Rizieq.jpg

Polda Metro Jaya: Gugatan Rizieq Otomatis Gugur jika Perkara Pokok Telah Digelar

Diposting pada

Gugatan pendahuluan Rizieq Shihab dibatalkan karena sidang utama kasus pelanggaran protokol kesehatan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa.

Menurut Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki, berdasarkan ketentuan Pasal 82 ayat 1 huruf d, Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang menyatakan bahwa perkara sementara dapat dinyatakan batal jika prinsipal memprakarsai. proses kasus ini.

Pada dasarnya bila putusan ini dipertimbangkan oleh hakim sesuai aturan, jika perkara pokok sudah disidangkan, sidang pendahuluan belum selesai dan ada putusan hari ini, akan dibatalkan bila perkara pokok sudah selesai. diadili, “kata Kombes Hengki di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selaku tergugat, kata Hengky, pihaknya telah memberikan surat pemberitahuan yang menyatakan bahwa sidang inti terhadap terdakwa Rizieq Shihab berlangsung kemarin. Meski dakwaan Rizieq belum dibacakan, Hengki mengatakan sidang utama sudah dimulai dan terbuka untuk umum.

Intinya, perkara pokok dibuka untuk umum pada pukul 09.20 di Pengadilan Negeri Timur dan menurut aturan, pertimbangan hakim adalah jika perkara induk dibuka, perkara sementara hari ini akan dibatalkan. kepada hakim hari ini, “katanya.

Baca Juga :  Jokowi Setor Satu Nama Calon Kapolri, Ini Bocoran dari DPR

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *