polri-identifikasi-kkb-papua-berlabel-teroris-TJlyPVAWqK.webp_.jpeg

Polri Identifikasi KKB Papua Berlabel Teroris

Diposting pada
Polri Identifikasi KKB Papua Ditandai Teroris TJlyPVAWqK Polri Identifikasi KKB Papua Ditandai Teroris

Polisi nasional menyatakan telah mengidentifikasi Kelompok Kriminal Bersenjata Papua (KKB) yang dicap sebagai kelompok teroris. Sehingga pihak berwenang dapat segera menerapkan hukum tersebut kepada kelompok tersebut.

“Semua sudah teridentifikasi, ada berbagai kelompok yang mengganggu rasa aman dan ketentraman masyarakat Papua. Kelompok-kelompok ini sudah diidentifikasi aparat keamanan,” kata Karo Penmas, Brigadir Rusdi Hartono, dari Divisi Humas Polri. Nasional. Polisi, di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (3/5/2021).

Menurut Rusdi, dengan teridentifikasinya kelompok ini, dipastikan KKB Papua termasuk dalam kategori sasaran operasi penuntutan sebagai kelompok teroris.

Sekadar diketahui, dari hasil pemetaan Polda Papua, setidaknya ada enam kelompok KKB di Kecamatan Puncak, Intan Jaya, dan Nduga.

Tokoh KKB yang aktif di dataran tinggi Papua sudah lama masuk dalam daftar buronan polisi / DPO, seperti Lekagak Telenggen, Militer Murib, Sabinus Waker, dan Egianus Kogoya.

“Nanti kita lihat, apakah dicap sebagai terorisme. Nanti dicabut oleh undang-undang terorisme,” kata Rusdi.

Di sisi lain, kata Rusdi, polisi masih mengkaji mekanisme pengerahan pasukan Densus 88 antiterorisme di Papua untuk ikut memburu kelompok teroris tersebut.

Baca Juga :  Waspada Hoaks, Kemenkes Minta Masyarakat Merujuk Situs Resmi Covid-19

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menetapkan Kelompok Kriminal Bersenjata Papua (KKB) sebagai daftar tersangka teroris dan organisasi teroris (DTTOT).

Pemerintah meminta TNI dan Polri menindak KKB Papua yang semakin mengkhawatirkan. Referensi dibuat untuk undang-undang nomor 5 tahun 2018 terkait dengan penghapusan tindak pidana terorisme.[okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *