ketua-komite-penanganan-covid-19-dan-pemulihan-ekonomi-nasional-airlangga-hartarto-1_16928129.jpeg

PPKM Mikro Diperpanjang hingga 22 Maret, Ini Aturan yang Beda

Diposting pada

Pemerintah memperpanjang jangka waktu pembatasan Usaha Kecil Rakyat (PPKM) hingga 22 Maret 2021. Sebagian besar aturannya sama dengan PPKM tahap sebelumnya dan hanya ada perbedaan aturan fasilitas umum.

“Kebijakan penyuluhan dan pemekaran PPKM mikro akan berlanjut selama 2 minggu ke depan, mulai tanggal 9 hingga 22 Maret 2021. Pemekaran akan dilakukan di 3 provinsi yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara”, Presiden COVID- 19 Komite Manajemen dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto dalam jumpa pers virtual, Senin (3/8/2021).

Perpanjangan ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri 5/2021. Parameter dan sebagian besar aturan selalu sama dengan ekstensi PPKM mikro sebelumnya.

“Kebijakan pembatasan kegiatan dalam konteks penyelenggaraan PPKM mikro adalah sama, kecuali fasilitas umum yang mulai diperbolehkan dibuka dengan kapasitas maksimal 50% sesuai peraturan pemerintah daerah,” ujarnya.

“Prinsipnya ini fasilitas umum berbasis masyarakat,” lanjut Airlangga.

Pemerintah juga melarang pegawai ASN, TNI, Polri dan BUMN serta BUMD bepergian ke luar daerah saat libur Isra Mikraj dan Nyepi akhir pekan ini. Sementara itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak meninggalkan kawasan tersebut.

Baca Juga :  Risma Komentari Banjir Jakarta dengan Berbagi Pengalaman di Surabaya, Gimana Pak Anies?

“Gubernur yang wilayahnya ditetapkan sebagai wilayah pelaksanaan PPKM mengikuti Inmendagri 5/2021, beberapa daerah termasuk daerah baru sudah mengeluarkan instruksi dari gubernur,” kata Airlangga. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *