Connect with us

Politik

Prabowo : Indonesia dan Jerman Sepakat Perkuat Pertahanan Negara

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyampaikan bahwa Indonesia dan Jerman sepakat untuk memperkuat kerja sama pertahanan kedua negara.

Menhan menyampaikan hal itu seusai menerima kunjungan resmi Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius bersama delegasinya di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Senin.

“Hubungan bilateral Indonesia-Jerman, termasuk di bidang pertahanan, sangat baik dan sudah berlangsung puluhan tahun. Kami ingin terus memperkuat hubungan ini, itu jadi pembahasan utama pertemuan tadi,” kata Prabowo saat menyampaikan keterangan pers bersama Menhan Pistorius selepas pertemuan.

Menhan Prabowo menegaskan bahwa ia bersama sejawatnya, Menhan Pistorius, akan terus menempuh langkah-langkah proaktif guna mewujudkan peningkatan kerja sama pertahanan Indonesia-Jerman.

Advertisement

Sementara itu, Menhan Pistorius menyatakan ia dan Menhan Prabowo melakukan diskusi intensif sejumlah isu, termasuk beberapa hal yang sudah sempat dibahas saat keduanya mengikuti forum Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura pada akhir pekan lalu.

“Misalnya, tentang isu kawasan Indo-Pasifik dari sudut pandang Jerman dan Eropa,” ujar Menhan Pistorius.

Kedua belah pihak, lanjut Menhan Pistorius, juga sempat membicarakan mengenai posisi bilateral Jerman di kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik.

“Khususnya dengan Indonesia, yang telah menjadi rekan baik kami selama puluhan tahun,” tuturnya.

Lebih lanjut, Menhan Prabowo juga menyampaikan bahwa dirinya berencana untuk memenuhi undangan melakukan kunjungan resmi balasan dari Menhan Pistorius.

Advertisement

“Saya juga berjanji untuk melakukan kunjungan resmi balasan, Yang Mulia sudah mengundang saya untuk itu, kami sama-sama menantikan kunjungan balasan nanti,” ujar Prabowo.

Salah satu bentuk kerja sama pertahanan Indonesia-Jerman di bidang pendidikan, saat ini sebanyak 670 personel Kemhan dan TNI, baik sipil maupun militer telah melaksanakan pendidikan di Jerman pada tahun 2022–2023.

See also  Akademis Unila: Masyarakat dan Anak Muda Harus Terbuka Terhadap Politik

Terdapat lima personel yang saat ini sedang melaksanakan pendidikan yang meliputi Cyber Security Seminar, Officer Training Information Visit, Basic Course Lofar Sonar Submarine Detection, Senior Executive Seminar (SES) dan Staff and Command College.

Selain di bidang pendidikan, terdapat forum kerja sama yang telah terbentuk dengan Jerman, yaitu Dialog Pertahanan Indonesia-Jerman (IGSPST – Indonesia Germany Security and Policy Staff Talks) yang diselenggarakan secara bergantian setiap tahun.

Menhan Pistorius tiba di Kantor Kemhan RI sekira pukul 14.30 WIB disambut langsung Menhan Prabowo sebelum keduanya melakukan pertemuan tinggi secara tertutup.

Advertisement

Selepas pertemuan, Menhan Prabowo menyerahkan cenderamata berupa keris kepada Menhan Pistorius.

Source: antaranews
Dok : fraksigerinda

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *