Prancis-Inggris-NATO-Kecam-Kericuhan-di-Capitol-Hill-AS-Serukan.jpg

Prancis, Inggris, NATO Kecam Kericuhan di Capitol Hill AS, Serukan Peralihan Kekuasaan yang Damai

Diposting pada

Prancis, Inggris, NATO Kecam Kericuhan di Capitol Hill AS, Serukan Peralihan Kekuasaan yang Damai

Washington, Warta Batavia–Para pemimpin negara-negara Eropa dan Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengecam penyerbuan gedung Kongres AS oleh pendukung Presiden Donald Trump.

“Kejadian yang mengejutkan di Washington, DC. Hasil dari pemilihan demokratis ini harus dihormati,” cuit Stoltenberg kepada para pengunjuk rasa yang mengganggu sesi bersama pengesahan hasil pilres 2020 yang memenangkan Joe Biden.

“Pemandangan memalukan di Kongres AS,” tulis Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. “Amerika Serikat mewakili demokrasi di seluruh dunia dan sekarang penting bahwa harus ada transfer kekuasaan yang damai dan tertib,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron, merilis pesan video dalam bahasa Prancis di akun Twitter-nya dengan judul: “Kami percaya pada demokrasi.”

“Saya hanya ingin mengungkapkan persahabatan kami dan keyakinan kami pada Amerika Serikat,” kata Macron di dalam video itu. “Apa yang terjadi hari ini di Washington, DC pasti bukan [mencerminkan] orang Amerika. Kami percaya pada kekuatan demokrasi kami; kami percaya pada kekuatan demokrasi Amerika. ”

Baca Juga :  Sri Mulyani Jamin Rasio Utang Masih dalam Batas Aman

“Kekerasan terhadap institusi Amerika adalah serangan serius terhadap demokrasi. Saya mengutuk mereka,” demikian cuitan dari Menteri Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian. “Keinginan dan suara rakyat Amerika harus dihormati.”

Ketika puluhan ribu pendukung Trump berunjuk rasa di ibu kota AS pada hari Rabu untuk memprotes pemilihan yang “dicuri” dan menekan Kongres untuk tidak menjamin kemenangan Biden, beberapa ratus orang keluar dan menyerbu kompleks Capitol Hill.

Tembakan dilepaskan ketika pengunjuk rasa bentrok dengan polisi, dan anggota parlemen dievakuasi saat sesi bersama terputus.

Puluhan ribu pendukung Trump berunjuk rasa di ibu kota AS pada hari Rabu untuk memprotes pemilihan yang “dicurangi” dan menekan Kongres untuk tidak menjamin kemenangan Biden. Beberapa ratus orang dari mereka menyerbu kompleks Capitol Hill. (ra/rt)

Prancis, Inggris, NATO Kecam Kericuhan di Capitol Hill AS, Serukan Peralihan Kekuasaan yang Damai

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *