Connect with us

News

Prediksi Penumpang KRL Sampai 14,4 Juta Selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter melakukan persiapan dalam menghadapi libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Fokusnya ada di aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan.

Selama masa Nataru KAI Commuter mengoperasikan 1.100 perjalanan Commuter Line Jabodetabek setiap harinya dengan jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB. Dengan frekuensi perjalanan tersebut, kapasitas angkut pengguna Commuter Line Jabodetabek sebesar 2.141.340 orang per harinya.

Khusus di malam pergantian tahun, KAI Commuter juga merencanakan mengoperasikan perjalanan Commuter Line tambahan sebanyak 24 perjalanan di seluruh lintas. Diprediksi selama masa Nataru volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 14,4 juta orang atau meningkat 8% dibanding tahun lalu yang sebanyak 13,3 juta orang.

Sementara itu untuk pelayanan Commuter Line Basoetta (Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta), KAI Commuter mengoperasikan 56 perjalanan dengan total kapasitas angkut sebanyak 1.008 orang setiap harinya. Diprediksi total pengguna yang akan bepergian menuju bandara sepanjang angkutan Nataru adalah 90 ribu orang atau naik 26% dari tahun sebelumnya yang 70 ribu orang.

Advertisement

“Pertama, kami tidak akan mengurangi perjalanan, walaupun sebenarnya di Jabodetabek itu kalau libur trennya turun. Jadi Untuk perjalanannya tetap kita jalankan 1.100 perjalanan, nanti ditambah dengan kereta Basoetta (Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta) 56 perjalanan,” ujarnya dalam konferensi pers di kantor KAI Commuter, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2023).

“Nah di sini juga kita sedang koordinasi terus dengan Dishub DKI juga, kami sudah menyiapkan 24 perjalanan tambahan, ketika ada kegiatan pergantian tahun, kami menyiapkan 24 perjalanan tambahan,” lanjutnya.

Adapun selama masa libur kali ini, KAI Commuter mampu menampung hingga lebih dari 500 ribu penumpang per hari. Sementara di hari biasa jumlah penumpang bisa menyentuh 900-980 ribu.

See also  Ciri Khas Masakan Jepang yang Unik dan Berkualitas

Untuk Commuter Line Merak juga diprediksi naik 16% dari total volume pengguna sepanjang masa Nataru tahun lalu yaitu 177 ribu orang. Tahun ini diprediksi total volume penggunanya 202 ribu orang, dengan jumlah perjalanan sebanyak 14 perjalanan tiap harinya. Waktu operasionalnya dari pukul 05.05 WIB sampai 23.00 WIB.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menyampaikan KAI Commuter terus meningkatkan pelayanan menjelang masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini.

Advertisement

“Dengan wilayah operasi yang semakin luas, KAI Commuter siap melayani masyarakat dengan fokus terhadap keselamatan, keamanan, pelayanan, serta menjadi solusi ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia,” tegas Asdo.

Dari segi pelayanan dan pengamanan di area stasiun maupun di dalam perjalanan kereta, KAI Commuter akan menugaskan sebanyak 5.886 orang petugas front lineryang terdiri dari petugas Masinis, Kondektur, Petugas Stasiun, Passenger Service, dan petugas informasi, serta gabungan petugas pengamanan dari internal dan TNI/Polri yang siap memberikan pelayanan pengamanan kepada pengguna selama masa Nataru ini.

Untuk antisipasi lonjakan pengguna, KAI Commuter juga menambahkan fasilitas layanan pengguna di area stasiun antara lain penambahan tenda untuk ruang tunggu pengguna, toilet portable, penambahan kursi tunggu, dan penambahan kipas angin untuk kenyamanan pengguna saat menunggu di area tunggu keberangkatan.

Selain menggunakan KMT, saat ini KAI Commuter juga telah menyediakan aplikasi C-Access sebagai aplikasi pembayaran tiket commuter line dengan menggunakan QR Tiket.

Source: Detikcom
Dok: KAI

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *