Connect with us

Sport

Puan Maharani Bangga Kepada Kontingen Indonesia Atas Pencapaian di SEA Games

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan kebanggaannya kepada kontingen Indonesia atas pencapaian prestasi pada gelaran SEA Games ke-32 Tahun 2023 di Kamboja.

“Saya mengucapkan selamat sekaligus berterima kasih kepada kontingen Indonesia yang berhasil meraih banyak medali pada SEA Games 2023 di Kamboja,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Kontingen Indonesia menempati peringkat ketiga pada SEA Games 2023 dengan mengumpulkan 87 medali emas, 80 perak dan 109 perunggu. Indonesia berada di bawah Vietnam sebagai juara umum dengan 136 emas, 105 perak, 114 perunggu dan Thailand di urutan kedua yang mengoleksi 108 emas, 96 perak, 108 perunggu.

“Sejak awal saya yakin putra-putri terbaik Indonesia akan mengharumkan nama bangsa dan bisa mengibarkan bendera Merah Putih di podium,” katanya menegaskan.

Advertisement

Capaian ini merupakan yang terbaik sejak SEA Games 2011. Kala itu, Indonesia mendapatkan total 277 medali. Sementara pada perhelatan SEA Games terakhir tahun 2021 yang digelar di Hanoi, Vietnam, kontingen Indonesia berhasil membawa pulang 241 medali dan menempati peringkat ketiga.

Meski Indonesia tetap bertahan di posisi ketiga untuk SEA Games kali ini, Puan menilai seluruh anggota kontingen Garuda telah berhasil memperoleh kemajuan. Kontingen Indonesia juga telah memenuhi target berada dalam tiga besar.

Dalam SEA Games 2023 di Kamboja, Indonesia mencatatkan delapan cabang olahraga yang menjadi juara umum, yakni e-sports, balap sepeda, tenis, bulu tangkis, pencak silat, wushu, angkat besi, dan sepak bola.

Ketua Dewan Pengarah Asian Para-Games 2018 itu pun mengapresiasi keberhasilan Timnas U-22 Indonesia yang berhasil mendulang medali emas dari sepak bola.

Menurut Puan, penantian panjang selama 32 tahun telah terobati berkat kerja keras skuad Garuda dalam laga final melawan Thailand, Selasa (16/5) malam, dengan meraih kemenangan 5-2.

Advertisement

Puan juga memberi apresiasi untuk semua atlet cabang olahraga lainnya, termasuk e-sport. Sebagai cabang olahraga baru, tim e-sports Indonesia diyakini akan semakin berkembang karena diisi oleh putra-putri yang memiliki dedikasi, perjuangan dan ketekunan demi bangsa dan negara.

See also  Timnas Bulu Tangkis Indonesia Sabet Tujuh Medali di Kejuaraan Fazza Dubai

Source: antaranews

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *